Perilaku Bisnis Islami Tao Zhu Gong : Sebuah Pembelajaran (‘Ibrah)

Wiwid Aditya Nugroho


Abstract


Perilaku Bisnis Islami Tao Zhu Gong :
Sebuah Pembelajaran (‘Ibrah)

Wiwid Aditya Nugroho

Magister Manajemen,
Sekolah Pascasarjana Universitas HAMKA, Jakarta
E-mail: wiwidnugroho@yahoo.com

ABSTRAK

Bisnis sudah menjadi bagian kehidupan orang Cina yang tidak dapat terpisahkan. Hal ini pula yang menjadikan mereka sebagai salah satu sumber ilmu bisnis terpercaya karena kesuksesannya telah terbukti diseluruh dunia. Salah satunya adalah Tao Zhu gong yang mempunyai nama asli Fan li merupakan orang kepercayaan kaisar yue, yaitu Gou jian sekitar abad 500 SM. Tao Zhu-gong seorang ahli strategi militer yang mengundurkan diri dari kedudukan tinggi seorang perdana mentri untuk menjadi seorang pebisnis dan milyuner pertama di China. Karyanya yang terkenal adalah Kaidah emas keberhasilan Bisnis. Penelitian ini mencoba untuk membahas tentang 12 prinsip bisnis menurut Tao Zhu-gong. serta bagaimana 12 prinsip bisnis Tao Zhu-gong dalam perspektif Islam. Dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode pendekatan historis (historical approach) penulis berkesimpulan bahwa sebagian dari 12 prinsip bisnis menurut Tao Zhu-gong mengandung nilai-nilai Islam, dan sebagian lainnya tidak sesuai dengan nilai Islam, disebabkan ketiadaan nilai spiritual didalamnya.

Kata Kunci: Prinsip, Bisnis Islam, Pembelajaran (‘Ibrah)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jes.v1i1.2697 | Abstract views : 264 | PDF views : 105 |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
Departement of Islamic Economics
Faculty of Islamic Studies

University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, East Java, Indonesia

(p)ISSN: 2502-3918; (e)ISSN: 2502-7824

Email: jurnalfalah@umm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/