Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan

Authors

  • Mochamad Novi Rifa’i Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515

Keywords:

Promosi, Halal Food, Label Halal

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penanganan tentang promosi makalan halal di Kota Teipei. Pembahasan tentang makanan halal merupakan bagian penting dari pembahasan kesehatan. Kehalalan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia menjadi salah satu perintah syari’at yang wajib diikuti oleh setiap manusia sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an. Guna menjacapai tujuan penelitian, digunakan metode kualitatif-deskriptif dengan analisis model Spradley, yaitu: setelah menentukan standart makanan dan minuman halal, kemudian dilanjutkan menginventarisir tempat makan halal di Kota Teipei dan melihat konsep makanan halal di lokasi dan kemudian menggali informasi promosi makalan halal di Kota Teipei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data beragam, meliputi: metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Halal food merupakan nilai dan norma yang terdapat dalam Hukum Islam terutama yang sangat erat hubungannya dengan perlindungan konsumen, Labelisasi halal sendiri di Kota Taipei Taiwan di keluarkan oleh Taiwan Halal Integrity Development Association (THIDA), Taipei Grand Mosque, CMA dan perorangan muslim. Oleh karena itulah maka diperlukan kajian pemasaran makanan halal di Kota Taipei Taiwan yang implikasinya tidak hanya memudahkan warga Muslim mendapatkan konsumsi halal, namun juga peluang untuk membuka usaha makanan halal yang baru. Sehingga, tujuan dan fokus penelitian ini adalah untuk melihat potensi dan konsep makanan halal serta model promosinya di Kota Taipei Taiwan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghozali, minhajul abidin, terj.Nasrullah Jakarta: Shahih, 2016.

Asnawi, Nur dan Muhammad Asnan Fanani, Pemasaran Syariah, Teori, Filosofi, dan Isu-isu kontemporer Depok: Rajawali Pers, 2017.

Atmadi, Gayatri, Sri Riris Wahyu Widati, Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, Vol. 2, No. 2, September 2013, Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia.

Ali, Muchtar, Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal, Jurnal Ahkam Vol. XVI, No 2, Juli 2016.

Asri, Marwan, Marketing, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 1991.

Budi, Agung Permana, Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta: Andi, 2013.

ITCP, Osaka, Market Brief: Halal Product, 2013.

Khallaf, Abdul Wahhab, Ilmu Ushul Fiqh. Cet.1, Semarang: Dina Utama, 1994.

Marjuni, Kamaluddin Nurdin, Kamus Syawarifiyyah: Kamus Modern Sinonim Arab-Indonesia. Jakarta: Ciputat Press Group, 2007.

Oesman, Yevis. Sukses Mengelola Marketing Mix CRM Customer Value dan Customer Dependency (Kasus Pada Pemasaran Shopping Center). Bandung: Alfabeda. 2010.

Proyek Perguruan Tinggi Agama /IAIN di Pusat Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Ilmu Fiqih. Jakarta: tp, 1982.

Qardhawi, Yusuf, Halal Haram Dalam Islam. Solo: Era Intermedia, 2003.

Ranupandojo, Heindjrachman, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 1990.

Shihab, M. Quraish, Wawasan alquran. Bandung: Mizan, 2000

Winata, Tiench Tirta, Makanan dalam Perspektif al-Quran dan Ilmu Gizi Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2006.

Yunus, Muhammad, Kamus Arab Indonesia, Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Quran. Jakarta: tp, 1973

https://english.ey.gov.tw/cp.aspx?n=D79AEEED26A1B0FE diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT

http://jakarta.Kota Taipei Kota Taipei Taiwantrade.com.tw/ diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT

https://www.roc-Kota Taipei Taiwan.org/ diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT

Downloads

Published

2018-02-06

How to Cite

Rifa’i, M. N. (2018). Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 111–121. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515

Issue

Section

Journal Article