Pengembangan Teknik Peran Seorang Aktor Untuk Pementasan Monolog Melalui Sistem Stanislavski dalam Buku an Actor Prepares and Building a Character

Roci Marciano


Abstract


Tujuan penelitian Teknik Peran Seorang Aktor Untuk Pementasan Monolog Melalui Sistem Stanislavski An Actor Preapares And Building A Character ini dilakukan ialah, untuk mengembangkan model pembelajaran pada mata kuliah Totalitas Keaktoran yang ditempuh oleh mahasiswa semester lima. Pengembangan Teknik Peran Seorang Aktor Untuk Pementasan Monolog Melalui Metode Stanislavski An Actor Preapers And Building A Character penting untuk di pelajari saat ini. Karena penelitian memberikan dampak positif bagi seorang mahasiswa khususnya dan masyarakat luas pada umumnya yang mengambil minat keaktoran. Kecerdasan yang bisa dipelajari dalam belajar monolog tentu saja bukan hanya demi keberanian seorang aktor tampil sendirian di atas panggung dengan menyampaikan kisah atau cerita. Tetapi nilai yang paling berharga dari penemuan teknik peran ini adalah, seorang aktor bisa memulai pelatihannya dengan tersistem, teratur dan terprogram. Karena monolog juga memiliki dampak yang positif untuk dipelajari, seperti sebagai mahasiswa atau manusia mampu menghapalkan hasil pemikiran seorang penulis naskah, merespon segala tatanan artistik dengan kecerdasan lahiriah dan batiniah sebagai perangkat keaktoran untuk disampaikan kepada penonton. Oleh sebab itu teknik-teknik dalam pelatihan seorang aktor untuk mewujudkan pementasan monolog dan monodrama tentu saja dibutuhkan, sehingga penelitian ini akan berguna bagi mahasiswa STKW Surabaya khususnya, dan seluruh mahasiswa teater yang ingin pentas monolog pada umumnya.


Keywords


monolog; aktor; teater; drama; stanislavski

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T Imron. (2000). (Editor Nur Sahid), Interkulturalisme dalam Teater, Yayasan Untuk Indonesa; Yogyakarta.

Alterman, Glenn. (2005). Creating your own monologue, Published by Allworth Press, 10 East 23rd Street, New York, NY 10010.

Anirun,Suyatna. (1998). Menjadi Aktor. Bandung : Studi Teater Bandung bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Barat Dan PT Rekamedia Multiprakarsa.

Anwar,Chairul. (2005). Drama Bentuk Gaya dan Aliran, Yohyakarta : Elkaphi

Harymawan, RMA. (1998). Dramaturgi, bandung: CVRosda.

Kernoddle, George R. (1996). Invitation To The Theater, Terjemahan. Yudiaryani, M.A. UPT Tahun: 2005, 2007, 2008. Perpustakaan ISI Yogyakarta.

Miiter, Shomit. (2002). Sanilavsky, Brecht, Grotowsky, Brook, system pelatihan lakon. Yogyakarta: MSPI.

Moleong, M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratna, Kutha, Nyoman. (2013), Glosarium, 1250 Entri, Kajian Sastra, Seni, Dan Sosial Budaya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Riantiarno, Nano, Bakdi, Soemanto. Sphinx Triple X, Antologi Monolog Anti Budaya Korupsi, Jomboran, Sidoarum.

Shengold, Nina. (1987). The Actor's Book Of Contemporary Stage Monologues, A Smith And Krausinc Book. Penguin Books, 40 West 23RD Street. New York, New York 10010. U.S.A.

Stanislavski, Constantin. (2008). Building Character. Diterjemahkan oleh, B. Very Handayani, Dina Octaviani, Triwahyuni. Membangun Tokoh. PT. Gramedia, Jakarta.

Stanislavski, Constantin. An Actor Preapers. Diterjemahkan oleh, Asrul Sani. (2007). Persiapan seorang aktor. 2007 (Cetakan kedua). PT. Bastela Indah Prinindo, Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta

Yudiariani. (2002). Panggung Teater Dunia, Yogyakarta: Pustaka Gendho Suli.




DOI: https://doi.org/10.22219/SATWIKA.Vol3.No1.69-86 | Abstract views : 320 | PDF views : 320 |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Roci Marciano

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View Satwika Stats

Creative Commons License

Satwika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.