Intervensi Care Support Treatment Bersasaran Anak dengan HIV/AIDS: Sebuah Model Pendekatan Humanistik Bagi Anak dan Lingkungannya dalam Menghadapi Stigma

Zakarija Achmat, Amelia Pramono


Abstract


Intervensi Care Support Treatment Bersasaran Anak dengan HIV/AIDS: Sebuah Model Pendekatan Humanistik Bagi Anak dan Lingkungannya dalam Menghadapi Stigma1) Zakarija Achmat, 2) Amelia Pramono1)Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Jln. Raya Tlogomas no. 246, Malang 65144; 2)Klinik VCT RSI UNISMA, Jl. MT Haryono 139 Malang, Kota Malang, (0341) 551257. Email : tiga_anakku@yahoo.comAbstract :

Stigma merupakan pandangan yang buruk dan merugikan yang dialami oleh penderita HIV dalam hubungan sosial masyarakat.  Pada anak-anak penderita HIV/AIDS, pastilah hal ini sangat merugikan proses tumbuh kembang mereka.  Apalagi, bukanlah hal yang mudah untuk membuat anak-anak mengerti apa yang terjadi pada dirinya dikaitkan dengan stigma terhadap penyakitnya.  Sebagian besar anak di bawah usia 10 tahun yang terinfeksi HIV tertular oleh ibunya, yang dapat terjadi selama dalam kandungan, waktu melahirkan atau melalui proses pemberian ASI.

Keywords :CST, VCT, pendekatan humanistik, stigma

Full Text:

PDF
| Abstract views : 1101 | PDF views : 762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Perempuan & Anak