PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM MENUJU UMKM NAIK KELAS DI KECAMATAN GROGOL

Authors

  • Asih Machfuzhoh UNTIRTA
  • Lutfi - .
  • Ika Utami Widyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12143

Keywords:

UMKM, Pembukuan Sederhana, Kecamatan Grogol

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang akan Tim kami laksanakan berlokasi di Kecamatan Grogol. Kecamatan tersebut, terdiri dari 4 kelurahan meliputi Kelurahan Kota Sari, Kelurahan Grogol, Kelurahan Rawa Arum dan Kelurahan Gerem. Masyarakat di kecamatan Grogol tidak sedikit pula yang berprofesi sebagai pengusaha khususnya pelaku usaha UMKM seperti pelaku makanan olahan, pelaku usaha bengkel, pelaku usaha snack & catering dan lain sebagainya. Terdapat pelaku usaha UMKM yang masih bersifat merintis kegiatan usaha namun ada pula pelaku usaha yang telah lama melakukan kegiatan usaha namun usahanya belum dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan prasurvey di lapangan menunjukkan bahwa, tingginya kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha belum disertai dengan pemahaman faktor-faktor pendukung dalam melakukan kegiatan bisnis seperti pembukuan sederhana sehingga pelaku usaha hanya fokus pada profit semata tanpa memperhatikan faktor-faktor pendukung usaha. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pelaku usaha UMKM membutuhkan pemahaman mengenai pembukuan sederhana untuk mendukung kegiatan usaha agar dapat berkembang dengan baik kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

LPPM Untirta (2019). Pedoman Penulisan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM). 2. Simlitabmas Dikti (2018). Pedoman Penulisan Hibah Edisi XII 3. BPS Kota Cilegon (2019). Kota Cilegon dalam Angka 4. Kecamatan Cilegon (2018). Lakip Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Downloads

Published

2020-07-26

How to Cite

Machfuzhoh, A., ., L. .-., & Widyaningsih, I. U. (2020). PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM MENUJU UMKM NAIK KELAS DI KECAMATAN GROGOL. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(2). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12143