Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadaan Melon (Cucumis Melo L) di Pasar Induk Osowilangun Surabaya

Prafi Fachjurin Maykamas, Gumoyo Mumpuni Ningsih, Ary Bakhtiar


Abstract


Kegiatan untuk mendatangkan persediaan merupakan pengadaan, pengadaan barang merupakan suatu kegiatan untuk mengatur bagaiman barang masuk sesuai dengan kebutuhan pasar. Kegiatan tersebut sangat berguna dan perlu diperhitungkan untuk menjaga barang tersebut dari kerusakan atau pembusukan (buah atau sayur) dari terlalu lamanya barang diadakan untuk persediaan pasar. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui faktor-faktor (harga beli melon, harga jual melon, biaya transportasi dan biaya pemeliharaan) yang mempengaruhi pengadaan melon dipasar dan kendala atau resiko pengadaan. Metode pengambilan data menggunakan accidental sampling atau pengambilan sampel secara kebetulan dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan juga sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, kuisioner, dan wawancara dan metode analisis yang digunakan yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa variabel biaya transportasi dan biaya pemeliharaan melon merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pengadaan melon. Resiko atau kendala dalam melakukan pengadaan antara lain tentang supliyer yang dimiliki pedagang di area jawa timur, biaya transportasi yang lebih ringan, kualitas melon yang dapat dipantau, harga yang tidak berbeda jauh dengan diluat jawa timur,resiko pengiriman, persaingan harga

Kata kunci: Biaya Transportasi, Harga Melon, Biaya Pemeliharaan


Keywords


Pengadaan Melon

Full Text:

PDF

References


A. Zubaidi, A. A. S. (2012). Analisis Efisiensi Usahatani Dan Pemasaran Melon Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. 12(2), 19–26.

BPS. (2014). Statiistiik Produksii Hortiikultura Tahun 2014. jakarta: Diirrekttorratt Jenderrall Horrttiikulltturra,, Kementterriian Perrttaniian.

Ghozali, I. (2006). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang., 2(1), 1–21.

Pranati, N. M. A., Jaya, A. I., & Sahari, A. (2018). Menggunakan Model Transportasi Metode Stepping. 15(September 2016), 48–57.

Purwanto, A., & Taftazani, B. M. (2018). Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3l Universitas. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1, 33–43.

Rismawati, S. D. (2010). Pedagang Pasar Tiban Dan Modal Sosial Membangun Tatanan Sosial-Ekonomi Lokal. Jurnal Penelitian, 7(9), 1–14.

Simatupang, J. T. (2004). Pencurahan Tenaga Kerja Pada Usahatani Melon. JURNAL PENELITIAN BIDANG ILMU PERTANIAN, 3(2), 9–13.

Toti, I. (2013). Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukkan Harga Barang Kebutuhan Pokok Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21, 1–9.

Wahyono, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Bantul Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(4), 388–399.

Wibowo, T. J., & Adp, G. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Rantai Pasok Agrobisnis Melon Apollo Di Kota Cilegon. (November), 1–2.

Yusuf, M., & Ramadhani, Y. (2011). Analisis efisiensi, skala dan elastisitas produksi dengan pendekatan cobb-douglas dan regresi berganda. 4, 61–68.




DOI: https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No2.108-117 | Abstract views : 78 | PDF views : 78 |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats