Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadaan Melon (Cucumis Melo L) di Pasar Induk Osowilangun Surabaya

Authors

  • Prafi Fachjurin Maykamas Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gumoyo Mumpuni Ningsih Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ary Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No2.108-117

Keywords:

Pengadaan Melon

Abstract

Kegiatan untuk mendatangkan persediaan merupakan pengadaan, pengadaan barang merupakan suatu kegiatan untuk mengatur bagaiman barang masuk sesuai dengan kebutuhan pasar. Kegiatan tersebut sangat berguna dan perlu diperhitungkan untuk menjaga barang tersebut dari kerusakan atau pembusukan (buah atau sayur) dari terlalu lamanya barang diadakan untuk persediaan pasar. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui faktor-faktor (harga beli melon, harga jual melon, biaya transportasi dan biaya pemeliharaan) yang mempengaruhi pengadaan melon dipasar dan kendala atau resiko pengadaan. Metode pengambilan data menggunakan accidental sampling atau pengambilan sampel secara kebetulan dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan juga sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, kuisioner, dan wawancara dan metode analisis yang digunakan yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa variabel biaya transportasi dan biaya pemeliharaan melon merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pengadaan melon. Resiko atau kendala dalam melakukan pengadaan antara lain tentang supliyer yang dimiliki pedagang di area jawa timur, biaya transportasi yang lebih ringan, kualitas melon yang dapat dipantau, harga yang tidak berbeda jauh dengan diluat jawa timur,resiko pengiriman, persaingan harga

Kata kunci: Biaya Transportasi, Harga Melon, Biaya Pemeliharaan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gumoyo Mumpuni Ningsih, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Ary Bakhtiar, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang

References

A. Zubaidi, A. A. S. (2012). Analisis Efisiensi Usahatani Dan Pemasaran Melon Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. 12(2), 19–26.

BPS. (2014). Statiistiik Produksii Hortiikultura Tahun 2014. jakarta: Diirrekttorratt Jenderrall Horrttiikulltturra,, Kementterriian Perrttaniian.

Ghozali, I. (2006). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang., 2(1), 1–21.

Pranati, N. M. A., Jaya, A. I., & Sahari, A. (2018). Menggunakan Model Transportasi Metode Stepping. 15(September 2016), 48–57.

Purwanto, A., & Taftazani, B. M. (2018). Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3l Universitas. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1, 33–43.

Rismawati, S. D. (2010). Pedagang Pasar Tiban Dan Modal Sosial Membangun Tatanan Sosial-Ekonomi Lokal. Jurnal Penelitian, 7(9), 1–14.

Simatupang, J. T. (2004). Pencurahan Tenaga Kerja Pada Usahatani Melon. JURNAL PENELITIAN BIDANG ILMU PERTANIAN, 3(2), 9–13.

Toti, I. (2013). Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukkan Harga Barang Kebutuhan Pokok Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21, 1–9.

Wahyono, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Bantul Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(4), 388–399.

Wibowo, T. J., & Adp, G. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Rantai Pasok Agrobisnis Melon Apollo Di Kota Cilegon. (November), 1–2.

Yusuf, M., & Ramadhani, Y. (2011). Analisis efisiensi, skala dan elastisitas produksi dengan pendekatan cobb-douglas dan regresi berganda. 4, 61–68.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Maykamas, P. F., Ningsih, G. M., & Bakhtiar, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadaan Melon (Cucumis Melo L) di Pasar Induk Osowilangun Surabaya. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 2(2), 108–117. https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No2.108-117

Issue

Section

Articles