Kepuasan Kerja Karyawan di Unit Usaha Milik Kampus

Livia Windiana, Anas Ta'in, Istis Baroh


Abstract


Kepuasaan kerja karyawan dapat diartikan sebagai cara pandang/ sikap emosional karyawan baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan pada pekerjaan mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kepuasaan kerja karyawan di Unit Usaha Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan cara interview, dokumentasi dan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah tabel distribusi frekuensi relatif, dengan jumlah sampel 35 karyawan. secara umum kepuasan kerja karyawan diukur melalui 40 indikator yang menyakut kepuasan kerja terhadap: gaji, promosi, atasan, rekan kerja dan pekerjaan itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan sedang, dan terdapat penyebaran skor kepuasan kerja dengan deviasi yang tinggi. Dari rentang skor tiap responden 40 – 200, diperoleh nilai skor minimal 115, skor maximal 188, rata-rata skor 148,6 dan standar deviasi 13,829.

Keywords


kepuasan kerja, gaji, pimpinan dan rekan kerja, lingkungan kerja

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M. Ilham et all (2018). Analisis Kepuasaan Konsumen Terhadap UMM Bakery di Malang. EPrint UMM. Malang.

Arikunto, Suharmisi (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bina Aksara. Jakarta.

Ayu, N., Pitasari, A., & Perdhana, M. S. (2018). Kepuasan Kerja Karyawan : Studi Literatur. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro, 7(4), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22488

Christiato, G., & Putra, M. (2016). Pengaruh Emotional Exhaustion Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. None, 5(5), 243731.

Erro-Garcés, A., & Ferreira, S. (2019). Do better workplace environmental conditions improve job satisfaction? Journal of Cleaner Production, 219, 936–948. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.02.138

Firdaus, R. A. (2018). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Tesis, 24

Hakim, A., & Wuryanto. (2004). Model Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Peran Komunikasi Dan Motivasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 1–18

Long, C. S., & Thean, L. Y. (2011). Relationship berween Leadership Style, Job Satisfaction and Employees’ Turnover Intention: A LIterature Review. Research Journal of Business Management, 5(3), 91–100. https://doi.org/10.3923/rjbm.2011.91.100

Ma, M. S. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai : Studi di Perusahaan Daerah Pasar Tohaga Kabupaten Bogor. 66, 241–249.

Mafini, C., & Dlodlo, N. (2014). The relationship between extrinsic motivation, job satisfaction and life satisfaction amongst employees in a public organisation. SA Journal of Industrial Psychology, 40(1), 1–13. https://doi.org/10.4102/sajip.v40i1.1166

Nasution, Y. (2017). Kepuasan Kerja Karyawan Pada Cv. Mitra Boga Tama. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 107. https://doi.org/10.21009/jppp.011.15

Nyoman, N., Anindya, I., Ariana, N., Putra, A. M., Pariwisata, D. I. V, Pariwisata, F., Udayana, U., Goris, J. R., & Denpasar, N. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan the legian bali hotel. 1(1).

Pawirosumarto, S., Sarjana, P. K., & Gunawan, R. (2017). The effect of work environment, leadership style, and organizational culture towards job satisfaction and its implication towards employee performance in Parador hotels and resorts, Indonesia. International Journal of Law and Management, 59(6), 1337–1358. https://doi.org/10.1108/IJLMA-10-2016-0085

Pramiana, O. (2018). Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Administrasi Pt Bpr Pahalapakto. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 3(2), 1–13. https://doi.org/10.34203/jimfe.v3i2.642

Prihono, Budiartha, I. K., & Astika, I. B. P. (2016). Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi dan Spiritualitas pada Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 2063–2090. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/14472

Relawati, R., Ariadi, B. Y., & Harpowo. (2019). Positioning Produk Baru dari Kampus: Preferensi Konsumen dan Willingness to Pay Produk UMM Bakery. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pertanian IX Tahun 2019, 122–126.

Rutherford, B. N., Boles, J. S., & Ambrose, S. C. (2019). Reconceptualizing the measurement of multidimensional salesperson job satisfaction. Journal of Personal Selling and Sales Management, 39(3), 287–298. https://doi.org/10.1080/08853134.2019.1601018

Setyawan, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai Di Batam Dan. Journal of Accounting & Management Innovation, Volume 2(Nomor 1), 67–89.

Supriyadi, N. Y., & Sarino, A. (2019). Kunci untuk meningkatkan kinerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 55. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14955

Sutoyo. (2016). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada dinas bina marga propinsi sulawesi tengah. Administrasi Bisnis, 4(3), 698–712. https://media.neliti.com/media/publications/157073-ID-pengaruh-beban-kerja-lingkungan-kerja-da.pdf

ulfah, vovi tridian. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja. 2(1), 123–134. https://doi.org/10.31227/osf.io/wczd8

Wen, J., Huang, S. (Sam), & Hou, P. (2019). Emotional intelligence, emotional labor, perceived organizational support, and job satisfaction: A moderated mediation model. International Journal of Hospitality Management, 81(January), 120–130. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2019.01.009

Wicaksono, A. S., & Nurhanisah, N. (2018). Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Kerja Dan Cara Mengekspresikan Tingkat Kepuasan Kerja Yang Rendah Pada Karyawan Dengan Masa Kerja Di Atas Tiga Puluh Tahun. MATRIK (Jurnal Manajemen Dan Teknik), 11(1), 32. https://doi.org/10.30587/matrik.v11i1.388




DOI: https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol3.No2.87-92 | Abstract views : 296 | PDF views : 296 |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats