Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Forest Science Avicennia fokus pada semua bidang tentang kehutanan (Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan dan Teknologi Hasil Hutan). Jurnal yang sesuai untuk publikasi akan dilakukan proses review.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua artikel penelitian dalam jurnal ini telah menjalani tinjauan sejawat yang teliti, berdasarkan pada penyaringan editorial awal dan referensi yang dianonimkan oleh setidaknya dua wasit anonim. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia. Editor akan memberi tahu Anda tentang hasil tinjauan sesegera mungkin, kira-kira dalam 30 hingga 60 hari.

Peer review dirancang untuk menilai kontribusi, validitas, relevansi, kualitas, dan seringkali orisinalitas artikel untuk publikasi. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga integritas ilmu pengetahuan dengan menyaring artikel berkualitas tidak valid atau buruk.

Dari perspektif penerbit, fungsi ulasan sejawat sebagai filter untuk konten, mengarahkan artikel yang lebih berkualitas ke jurnal berkualitas lebih baik dan karenanya menciptakan merek jurnal.

Menjalankan artikel melalui proses peer review menambah nilai bagi mereka. Karena alasan ini, penerbit perlu memastikan bahwa peer review kuat.

 

Publication Frequency

Journal of Forest Science Avicennia published twice a year are published in February and August.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license:

 Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)


 

About

Jurnal ilmiah ini berisikan hasil penelitian mengenai kehutanan (silvikultur, menejemen hutan, konsevasi sumberdaya hutan dan teknologi hasil hutan)

 

Author Fee

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut.

 

Pengiriman Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis tidak dikenakan Biaya untuk Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengiriman untuk berkontribusi dalam meninjau biaya.

 

Publikasi Artikel: 0,00(IDR)

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Anda akan dikenakan Biaya Publikasi Artikel untuk menutup biaya publikasi.

 

Publication Ethics

Sebagai jurnal peer-reviwed, pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis untuk semua pihak yang terlibat dalam publikasi naskah Jurnal Ilmu Kehutanan, termasuk penulis, editor (kepala editor dan editor asosiasi), dan peer-reviewer. Pernyataan ini bergantung pada Pedoman Praktik untuk publikasi seperti dalam Komite Etika Publikasi (Terbaik COPE).

Secara umum, semua pihak harus:

  1. mempromosikan keadilan dan kesetaraan dan menentang diskriminasi
  2. mempromosikan transparansi dan penghormatan terhadap catatan akademik
  3. hargai kerahasiaan orang lain
  4. transparan tentang kepentingan nyata atau yang bersaing.

Penulis

Penulis harus memastikan bahwa:

  1. karya mereka asli dan ditulis oleh mereka
  2. karya mereka belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan telah diserahkan hanya ke jurnal
  3. di mana bahan diambil dari sumber lain (termasuk tulisan mereka yang diterbitkan sendiri) sumber tersebut dengan jelas dikutip dan bahwa di mana izin yang sesuai diperoleh
  4. pekerjaan mereka tidak melanggar hak orang lain, termasuk hak privasi dan hak kekayaan intelektual
  5. data mereka benar dan tidak dimanipulasi
  6. data mereka adalah milik mereka sendiri atau bahwa mereka memiliki izin untuk menggunakan data yang direproduksi dalam makalah mereka
  7. setiap kepentingan nyata atau yang tampak bertentangan atau bersaing dengan jelas dinyatakan pada penyerahan makalah mereka (ini akan termasuk bantuan pendanaan)
  8. mereka mematuhi semua pedoman etika penelitian disiplin mereka, khususnya di mana subyek manusia atau hewan terlibat
  9. mereka menghubungi Editor untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan materi saat ditemukan, baik sebelum atau sesudah publikasi karya mereka
  10. kepenulisan makalah diwakili secara akurat, termasuk memastikan bahwa semua individu dikreditkan sebagai penulis berpartisipasi dalam kepenulisan aktual karya tersebut dan bahwa semua yang berpartisipasi dikreditkan dan telah memberikan persetujuan untuk publikasi.

Peninjau

Peninjau harus:

  1. menjaga kerahasiaan proses peninjauan
  2. segera beri tahu editor jurnal mereka tentang minat bersaing nyata atau potensial yang dapat memengaruhi ketidakberpihakan peninjauan kembali dan penolakan untuk meninjau jika perlu
  3. berperilaku adil dan tidak memihak.

Editor

Editor harus:

  1. memelihara dan mempromosikan kebijakan etika yang konsisten untuk jurnal mereka
  2. mengawasi dan bertindak untuk menegakkan kebijakan-kebijakan yang diperlukan secara adil dan konsisten
  3. memastikan kerahasiaan proses peninjauan
  4. menggunakan standar integritas kepribadian tertinggi dalam pekerjaan mereka sebagai editor jurnal, mengenali dan merencanakan contoh-contoh di mana mereka dapat memiliki minat bersaing atau penampilan minat yang bersaing.
  5. bekerja dengan penulis, pengulas, dan anggota Dewan Editorial sebagaimana diperlukan untuk memastikan mereka cukup mendapat nasihat mengenai etika jurnal dan kebijakan penerbitan mereka dan bahwa pengelolaan jurnal tentang masalah etika adalah adil, tidak memihak, dan tepat waktu.

 

Screening for Plagiarism

kebijakan untuk screaning plagiasi pada artikel milik author dengan skor kesamaan 15%. Journal of Forest Science Avicennia menggunakan software "Turnitin" untuk memeriksa keaslian artikel