IbM TK BERBASIS ALAM DI KOTA BATU

Nurul Aini, Ledy Martha, Solichati .


Abstract


IbM TK BERBASIS ALAM DI KOTA BATU

Nurul Aini1, Ledy Martha2, Solichati3

1,2,3Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Email : 1)nurulaini_56@yahoo.co.id

ABSTRAK

Kecelakaan merupakan kejadian yang dapat menyebabkan kematian pada anak. Orang tua bertanggungjawab terhadap kebutuhan anak, jika di sekolah, peran tersebut melekat pada guru. dan harus menyadari karakteristik perilaku anak yang dapat menimbulkan kecelakaan serta waspada terhadap faktor-faktor lingkungan yang mengancam keamanan anak. Pendekatan bermain sebagai metode pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) hendaknya disesuaikan dengan perkembangan usia dan kemampuan anak didik, yaitu secara berangsur-angsur dikembangkan dari bermain sambil belajar menjadi belajar seraya bermain. Melihat pentingnya peran bermain anak, maka kegiatan bermain dan belajar tersebut harus memberikan jaminan kepuasan dan keselamatan bagi anak. TK Al Falah dan TK Rumah Pelangi adalah sebagian dari lembaga pendidikan anak yang menyediakan fasilitas belajar dan bermain menggunakan pendekatan berbasis alam. Berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki cukup mampu memfasilitasi kebutuhan belajar dan bermain anak, tetapi belum dilengkapi dengan jaminan keselamatan yang memadai. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keterampilan para guru tentang manajemen anticipatory guidance pada anak di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen anticipatory guidance dan penanganan kecelakaan sederhana bagi tenaga pendidik di TK Al Falah dan TK Rumah Pelangi. Target luaran dalam bentuk jasa dan produk. Jasa meliputi : (1) pelatihan dan pendampingan bagi guru di TK Al Falah dan Rumah Pelangi agar memiliki kemampuan yang baik dalam anticipatory guidance dan penanganan kecelakaan berbasis alam,(2) Pelatihan basic cardiac life support pada anak. Sedangkan Produk yang akan dihasilkan melalui kegiatan ini berupa : (1) peralatan belajar tentang anticipatory guidance dan penanganan kecelakaan di lingkungan TK berbasis alam serta media penyuluhan (2) Produk berupa SOP anticipatory guidance pada setiap sarana belajar dan bermain. Kegiatan menggunakan metode pelatihan, seminar, dan pendampingan serta pengadaan alat bagi mitra. Melalui metode tersebut, tim pengabdian mampu mencapai target dengan maksimal, dengan harapan kegiatan menginspirasi dan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lain yang sejenis.

Kata Kunci : Taman Kanak-Kanak, Besbasis, Alam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/dedikasi.v12i0.2480 | Abstract views : 234 | PDF views : 143 |

Copyright (c) 2015 Jurnal Dedikasi



 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.