Aktivitas dan Strategi Kehumasan Partai Politik Menjelang Pemilu 2004 (Studi pada Enam Partai Politik Besar di Kota Malang)

Widya Yutanti


Abstract


Penelitian ini didasari oleh ketertarikan peneliti pada fenomena riuhnya eforia kampanye politik menjelang Pemilu 2004. Beberapa partai politik besar telah mencoba merancang komunikasinya secara professional, bahkan ada yang mempercaya kepada konsultan profesional. Penciptaan dan pembentukan image positif dimanage sedemikian rupa, baik dalam event-event kampanye, pemberitaan di media massa, sampai pada iklan politik di berbagai media.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitiannya dengan teknik purposive, yakni memilih mereka yang menjadi fungsionaris partai dan aktif dalam kegiatan kehumasan partainya. Sedangkan partai polik yang dipilih adalah enam partai politik besar di Kota Malang yang juga menjadi peserta Pemilu 1999, yakni Golkar, PDIP, PAN, PBB, PKB, dan PPP. Untuk pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan analisis data triangulasi.

Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa strategi kehumasan partai politik dilakukan dengan pendekatan secara personal, sosial, maupun secara kultural. Selain itu juga dengan memanfaatkan media humas, melakukan aksi langsung, kampanye yang melibatkan massa langsung, dan lain sebagainya. Untuk menarik simpati simpatisannya dilakukan oleh tim pemenangan pemilu partai politik dengan cara yang cukup beragam. Mulai dari kampanye positif, kampanye negative, bahkan sampai pada black propaganda. Kampanye negatif dilakukan untuk menjatuhkan lawan dengan cara menyebarkan selebaran-selebaran yang isinya memuat kelemahan dan kejelekan lawan yang berdasarkan bukti dan fakta yang otentik, sedangkan black propaganda dilakukan dengan cara membuat selebaran atau pamflet-pamflet yang isinya rumor semata.

Keywords


Strategi Kehumasan; Partai Politik; umm

Full Text:

PDF
| Abstract views : 265 | PDF views : 147