THE EFFECT OF EMPLOYEE STOCK OPTION PLAN ON MARKET PERFORMANCE WITH FIRM PERFORMANCE AS INTERVENING VARIABLE

Rachel Laudya, Jesica Handoko


Abstract


Employee Stock Option Plan (ESOP) merupakan surat kontrak dimana perusahaan akan memberikan hak kepada karyawannya untuk dapat membeli saham perusahaan dengan harga dan waktu tertentu. Program ini merupakan bentuk kompensasi yang dapat memotivasi serta menyelaraskan tujuan yang dinginkan oleh pihak prinsipal dan agen. Adanya kesamaan tujuan utama yang ingin dicapai akan memudahkan perusahaan dalam upaya peningkatan kinerja pasar perusahaan. Hubungan pengaruh antara ESOP dan kinerja pasar dapat dimediasi oleh variabel kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset dan return on equity. Kinerja perusahaan dapat menjadi sebuah jembatan dalam menunjukkan adanya pengaruh ESOP terhadap kinerja pasar.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni laporan tahunan, dalam menguji dan menganalisis pengaruh ESOP terhadap kinerja pasar dengan kinerja perusahaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan keseluruhan perusahaan yang menerapkan ESOP dari semua sektor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2017. Sampel penelitian berjumlah 64 data sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ESOP tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan. ESOP tidak mempengaruhi kinerja perusahaan dengan pengukuran ROA namun memberikan pengaruh positif terhadap ROE. Dalam penelitian ini , kinerja perusahaan tidak mampu memediasi hubungan antara ESOP dan kinerja pasar

Keywords


Employee Stock Option Plan; ESOP; Kinerja Perusahaan; Kinerja Pasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jaa.v2i2.8976 | Abstract views : 61 | PDF views : 18 |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.