Analisis Rencana Pembelajaran Guru Matematika di Madrasah Aliyah Bilingual Batu

Baiduri Baiduri


Abstract


Abstrak

Tujuan dari makalah ini adalah menganalisis rencana pembelajaran (RPP) guru matematika di Madrasah Aliyah Bilingual Batu, khusunya pada kegiatan inti proses pembelajaran yang akan dilakukan.  Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk maksud tersebut. Seorang guru matematika kelas X dijadikan subjek. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan focus group discussion serta dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis memperlihatkan bahwa komponen RPP yang disusun oleh guru sesuai dengan permendikbud Nomor 81A tahun 2013. Pada komponen inti kegiatan pembelajaran guru sudah menggunakan berbagai model, metode dan pendekatan sebagai upaya meningkatkan keterlibatan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

Kata Kunci: Rencana pembelajaran, kegiatan pembelajaran, matematika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2625 | Abstract views : 240 | PDF views : 84

Copyright (c) 2016 Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINoP)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: