Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Proses dan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Thathit Manon Andini


Abstract


ABSTRAK

Program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM adalah LPTK yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang profesional, beriman, dan kompetitif yang mampu berkomunikasi dengan masyarakat pendidikan dan industri. Disamping itu Bahasa Inggris juga bertujuan menyelenggarakan pengembangan penelitian dibidang pendidikan dan sastra Inggris. Dengan harapan Prodi Bahasa Inggris bisa menghasilkan lulusan yang profesional. Guru yang profesional menurut ketentuan PP maupun UUGD  adalah guru yang memiliki kompetensi pribadi, kompetensi sosial, kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogi menghendaki guru memiliki kemampuan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional menghendaki Dosen untuk mampu menguasai matapelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, perlu kiranya diterapkan pembelajaran Introduction to literature dan Drama dan melalui Lesson Study.

Kegiatan Lesson Study ini diterapkan pada mata kuliah Introduction to literature, Drama pada semester Ganjil tahun 2014/2015. Pelaksanaan Lesson Study ini meliputi kegiatan plan, do dan see yang berlangsung dalam 3 (tiga) putaran dengan model pembelajaran langsung dengan diskusi kelompok dan presentasi. Indikator peningkatan kemandirian belajar mahasiswa yang teramati meliputi aktivitas memecahkan masalah dengan berdiskusi kelompok dan kemampuan mahasiswa mempresentasikan hasil belajar mahasiswa serta kemampuan kritis dalam tanya jawab.

Untuk Mata Kuliah Introduction to Literature pada putaran  pertama, mempelajari perbedaan karya sastra antara short story, novel, drama dan puisi. Kesiapan mempersiapkan materi perkuliahan secara mandiri 53%, Keaktifan mengikuti kegiatan perkuliahan 80%, Keaktifan berdiskusi dengan kelompoknya 71%, tanya jawab dengan dosen 44%. Pada Putaran II, Kesiapan mempersiapkan materi perkuliahan secara mandiri 89%, Keaktifan mengikuti kegiatan perkuliahan 89%, Keaktifan berdiskusi dengan kelompoknya 80%, tanya jawab dengan dosen 62,5%.

 

Kata kunci:Lesson Study,proses belajar, kemandirian belajar

Keywords


Lesson Study,proses belajar, kemandirian belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3299 | Abstract views : 187 | PDF views : 82

Copyright (c) 2016 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: