Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang

Hainuatus Zahroh


Abstract


Menulis karya ilmiah sederhana untuk peserta didik kelas IX merupakan pembelajaran menulis ilmiah pemula pada tingkat SMP. Ditemukan kendala-kendala dalam pembelajaran menulis karya ilmiah sederhana baik dari sisi peserta didik maupun pendidik. Dengan adanya kondisi tersebut, dibutuhkan  bahan ajar yang dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan model bahan ajar video KTE untuk pembelajaran menulis karya ilmiah sederhana. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu 1) penggalian informasi tentang potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Desain uji coba menggunakan  desain eksperimen sejati (true experiment design) yang hanya menggunakan postes, subjek diacak dengan dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok pengendali), dan hasil eksperimen menggunakan uji t satu sampel. Produk yang dihasilkan berupa model bahan ajar video kreatif, terpimpin, dan edukatif (KTE)  yang dikemas dalam  flash player yang disertai petunjuk penggunaan. Kelayakan model bahan ajar video KTE telah ditelaah oleh ahli dan hasilnya yaitu, validasi ahli materi dinyatakan valid.  Hasil validasi ahli media dinyatakan cukup valid. Hasil uji coba kelompok eksperimen menunjukkan adanya signifikasi pada taraf 10 persen (˂0.01), taraf (˂0.05), dan satu persen serta layak dijadikan bahan ajar dalam menulis karya ilmiah sederhana peserta didik kelas IX. Adapun hasil observasi pada proses menulis karya ilmiah sederhana menunjukkan sikap positif, berupa sikap kerja sama yang baik dan sikap kooperatif dengan menggunakan startegi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.  

 

Kata Kunci: pengembangan, model bahan ajar video KTE, karya ilmiah sederhana

ABSTRACT

Writing simple scientific paper for 9th grade student is the beginning process of learning scientific paper writing at the beginner level of Junior High School. The obstacles in simple scientific writing learning have been found both from students and teachers sides. With those condision, it is needed teaching material wich can visualize effective and efficient learning. Therefore, this development research aims to produce video teching learning model KTE for simple scientific writing learning. This study uses Research and Development approach. The research steps are; 1) information extraction of potention and problem, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) product try out, 7)  product revision. Design try out uses true experiment design with post test only. The random subject consist of two group; experiment group and control group, and the experiment result uses one sample t-test. The product of this study is creative, guided and educative video (KTE) in the form of flash player followed by usage instruction. The KTE video has been analyzed by some experts, and the result is; the first material expert claimed valid. The result of experiment group try out shows the significancy in the level of 10% (<0,01), level (<0,05),  1% and diverse to be a learning material in writing simple scientific paper of 9th grade students. The observation result in writing simple scientific paper process shows the positive attitude, by cooperative response in using learning strategy which is focussed on the learner.

 

Key words: development, learning material model in KTE video, simple scientific paper


Keywords


development, learning material model in KTE video, simple scientific paper

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281 | Abstract views : 194 | PDF views : 58

Copyright (c) 2017 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: