Meningkatkan Kemampuan Matematika Dengan Metode Pameran Berjalan Bagi Peserta Didik Kelas VIII

Prasis Indahwati


Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika dengan Pameran Berjalan dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar bagi peserta didik kelas VIII SMPN 2 Blitar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2 Blitar yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) menyusun tindakan, (2) melakukan tindakan, (3) obsevasi, (4) refleksi. Berdasarkan data hasil penelitian menyatakan bahwa prosentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan nilai minimal 80 meningkat dari 24 peserta didik pada siklus 1 menjadi 30 peserta didik  pada siklus 2. Hasil LKS menunjukan bahwa peserta didik sudah dapat menentukan rumus luas dan volume bangun ruang sisi datar sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pameran Berjalan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPN 2 Blitar pada materi bangun ruang sisi datar.

Kata kunci: peningkatan, metode pameran berjalan.

 

Abstract: The purpose of this research is to improve the mathematical ability with Gallery Walk in learning polyhedral for students of class VIII SMPN 2 Blitar. The subject of this research is the students of class VIII-A SMPN 2 Blitar consisting of 32 students. The study was conducted in two cycles and each cycle consisted of four stages: (1) preparing the action, (2) taking action, (3) observation, (4) reflection. Based on research data states that the percentage of classical test results that get a minimum score of 80 increased from 24 learners in cycle 1 to 30 students on cycle 2. LKS results show that learners have been able to determine the formula of the area and the volume of polyhedral. Thus it can be concluded that Learning Exhibition Walk can improve learning outcomes of students SMPN 2 Blitar on the matter of polyhedral

 

Keywords: improvement, gallery walk method.


Keywords


improvement, gallery walk method.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4316 | Abstract views : 212 | PDF views : 42

Copyright (c) 2017 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: