NILAI AGAMA DALAM PERJUANGAN HIDUP NOVEL NUN, PADA SEBUAH CERMIN SEBAGAI BAHAN AJAR

Nada Hafizha


Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai agama dalam perjuangan hidup tokoh utama serta relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah analasis dokumen dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah dalam novel NPSC, Nun sebagai tokoh utama digambarkan sebagai sosok yang menjalani kehidupannya dengan nafas agama islam. Budaya jawa dan agama islam dalam kehidupan Nun tidak bisa dilepaskan. NPSC memiliki nilai agama yang tersirat dalam perjuangan hidup tokoh utama, sehingga novel NPSC dapat dipertimbangkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Dengan menjadikan novel NPSC sebagai inovasi bahan ajar, akan menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada siswa.


Keywords


Nilai Agama; Novel; Perjuangan Hidup; Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Afra, Afifah. 2015. Nun, Pada Sebuah Cermin. Jakarta: Republika

Endaswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Jakata: PT Buku Seru

Hamila. 2015. Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Humanik, 15(3), 1-2

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya

Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 208

Owon, R.A.S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3 (1), 531

Raharjo, Y.M. 2017. The Values of Character Education in a novel Nun: Pada Sebuah Cermin by Afifah Afra. Hortatori Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2)

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sangidu. 2004. Penelitian, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat UGM

Semi, Atar. M. 1993. Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa Raya.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Soelaeman, Munandar. 2009. Sosiologi:Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo

Suaka, Nyoman I. 2014. Analisis Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Sulistiyowati, Eni. 2013. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 328

Sulthon. 2014. Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari Dimensi Politisasi Pendidikan dan Ekonomi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 47

Syaodih Sukmadinata N. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja.

Syaodih, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Tomlinson, B. 1998. Materials development in language teaching. Cambridge: University Press

Tuloli, Nani. 2000. Kajian Sastra. Gorontalo: BMT Nurul Jannah

Waluyo, Herman J. 2006. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret press




DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5663 | Abstract views : 225 | PDF views : 39

Copyright (c) 2018 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: