PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS TEKS DAN KERANJANG BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS ASPEK KEBAHASAAN LAPORAN HASIL OBSERVASI

Sugiarti Sugiarti, Arti Prihatini, Fida Pangesti


Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil penggunaan video berbasis teks dan keranjang bahasa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X MIPA 2 SMAN 7 Malang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Pada siklus pertama, kemampuan siswa dalam menganalisis aspek kebahasaan belum optimal karena rata-rata hasil belajar siswa masih di bawah kriteria kelulusan minimal (KKM) 75, yakni 74,375 (kata), 70 (frasa), 69,95 (kalimat), dan 75 (kesalahan berbahasa). Para siswa juga belum dapat menganalisis aspek kebahasaan secara lebih detail. Pada siklus kedua, dengan menggunakan video berbasis teks dan keranjang bahasa, kemampuan siswa dalam menganalisis aspek kebahasaan meningkat antara 10-14 %, yakni 82.5 (kata), 80 (frasa), 76.75 (kalimat), dan 75 (kesalahan berbahasa). Para siswa dalam kelompok terlibat aktif dalam pembelajaran dan siswa mampu menganalisis jenis kata, frasa, kalimat, dan kesalahan berbahasa pada teks laporan hasil observasi dengan lebih cepat dan lebih tepat.


Keywords


media pembelajaran, kemampuan siswa, aspek kebahasaan, laporan hasil observasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Arends, Richard I. 2015. Learning to Teach Tenth Edition. New York:

McGraw-Hill Education.

Santrock, John W. 2012. Educational Psychology Fifth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Sneddon, J. N. dkk. 2010. Indonesian: A Reference Grammar 2nd Edition. Sydney: Allen & Unwin.

Buku Kumpulan Artikel:

Efendi, A. (ed). 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Tiara Wacana.

Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel:

O’Malley, Meagan; Voight, Adam; & Izu, Jo Ann. 2014. Engaging Students in School Climate Improvement: A Student Voice Strategy. Furlong, Michael J.; Gilman, Rich; & Huebner, E. Scott. (Eds.) Handbook of Positive Psychology in School Second Edition. New York: Routledge. 329-346.

Wentzel, Kathryn; Russell, Shannon; & Baker, Sandra. 2014. Peer Relationships and Positive Adjustment at School. Furlong, Michael J.;

Gilman, Rich; & Huebner, E. Scott. (Eds.) Handbook of Positive Psychology in School Second Edition. New York: Routledge. 260-277.

Artikel dalam Jurnal:

Admiraal, Willfried dkk. 2011. The Concept of Flow in Collaborative Game-Based Learning. Computers in Human Behavior 27(3): 1185-1194.

Garim, Idawati dkk. 2017. Morphology and Syntax of Tae’ Language. The 1st International Conference on Education, Science, Art and Technology (the 1st ICESAT) Universitas Negeri Makassar. 22 – 23 July 2017: 88-97.

Gilakjani, Abbas Pourhossein dan Ahmadi, Sayedeh Masoumeh. 2011. The Effect of Visual, Auditory, and Kinaesthetic Learning Styles on Language Teaching. 2011 International Conference on Social Science and Humanity IPEDR Vol. 5: 469-472. Singapore: IACSIT Press

Lau, K. H. Vincent; Lakhan, Shaheen E.; dan Achike, Francis. 2018. New Media, Technology, and Neurology Education. Seminars in Neurology Vol. 38 (4): 457-464.

Nepo, Kaori. 2017. The Use of Technology to Improve Education. Child Youth Care Forum 46: 207–221.

Simunic, Dina’; Kerner, Antun; dan Gajovic, Srecko. 2018. Digital Mediators as Key Enablers of Navigation Towards Health in Knowledge Landscapes. Croation Medical Journal 59: 178-82.

Sugiarti. 2016. Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah : Makalah dipresentasikan pada Seminar Regional Kerjasama Kemitraan Bidang Kebahasaan dan Kesastraan Balai Bahasa Jawa Timur dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Malang 13 Agustus 2016.

Xhemajli, Arbonna. 2016. The Role of The Teacher in Interactive Teaching. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering, and Education Vol. 4 (1): 31-38.




DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.7118 | Abstract views : 118 | PDF views : 51

Copyright (c) 2018 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: