PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 MALANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF

Gigit Mujianto, M.Si


Abstract


Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya model pembelajaran yang diminati peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat meningkatan motivasi belajar peserta didik adalah Model Pembelajaran Integratif. Berdasarkan Siklus I dan Siklus II yang telah dilaksanakan, penerapan model pembelajaran integratif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari lembar pengamatan pelaksanaan penelitian dan aktivitas peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada materi menyusun teks laporan hasil observasi mengalami peningkatan, dilihat dari persentase hasil belajar yang meningkat dari ketuntasan peserta didik sebesar 85% pada Siklus I menjadi 97% pada Siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran integratif dapat meningkatkan kemampuan peserta didikdalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


model pembelajaran integratif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7244 | Abstract views : 50 | PDF views : 12

Copyright (c) 2019 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: