PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA

Lalita Melasarianti, Vera Krisnawati, Nia Ulfa Martha


Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara dan (2) mengetahui perubahan perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantarapada siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri III Kertayasa. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 47,67% dan siklus 2 sebesar 74,8% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 27,2% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara.


Keywords


menulis puisi, teknik akrostik, media gambar, pahlawan nusantara

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Dasar dan Menengah.

Fleisher, Paul. 2013. Nutrisi Otak 100+ Permainan yang Mengajarkan Anak-anak

Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.

Harianti, Deasy. 2008. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory power).Bandung: Tangga Pustaka.

Salam. 2009. “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Michael Riffaterre”. (online).http://gerbangpendidikan.blogspot.com/2009/01/pembelajaranmenulispuisidengan.html.Diunduh pada Jumat 2 November 2012 pukul 14.25 WIB.

Sayuti, Suminto A. 2010. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Suryaman, Maman. 2010. ″Media Pembelajaran Bahasa Indonesia″, Makalah, dalam Workshop Pengembangan Kompetensi Guru SMK di DIY, FBS UNY.




DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785 | Abstract views : 94 | PDF views : 19

Copyright (c) 2019 JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: