Author Guideline

Submissions

 

 

Online Submissions

Already have a Username/Password for JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

 

 

Author Guidelines

 

Petunjuk Penulisan Artikel

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)


  1. Artikel  yang  ditulis  berdasarkan hasil penelitian  pembelajaran di semua bidang studi dan jenjang pendidikan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word dan huruf Times New Roman dengan ukuran font 12,  dengan  satu  spasi,  dicetak  pada  kertas  A4  dengan  jumlah halaman 10-15. Naskah diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 1 eksemplar beserta soft-copy (file). File dapat dikirim ke e-mail: jinopfkip@gmail.com dan jinopfkip@umm.ac.id
  2. Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel, disertai lembaga asal dan alamat korespondensi (e-mail ). Dalam hal naskah  ditulis  oleh  tim,  penyunting  hanya  berhubungan  dengan  penulis  utama  atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama.
  3. Artikel  ditulis  dalam  bahasa  Indonesia  atau  Inggris  secara  benar  dengan  mengikuti ketentuan dalam petunjuk penulisan artikel ilmiah. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital di tengah-tengah dengan ukuran 14 font. Adapun subjudul ditulis mulai margin kiri lurus tanpa menggunakan penomoran. Sub-subjudul dicetak tebal, judul artikel dalam bahasa Indonesia tidak lebih dari 14 kata, sedangkan judul dalam bahasa Inggris tidak lebih dari 12 kata.
  4. Artikel  ditulis  dengan  sistematika:  judul,  nama  penulis,  lembaga  asal,  alamat korespondensi e-mail; abstrak (ditulis dalam dua bahasa Indonesia dan Inggris sedangkan untuk artikel bahasa inggris maka abstraknya hanya bahasa inggris saja,  panjang masing-masing abstrak tidak lebih dari 200 kata); berisi tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan utama); kata kunci (3-5 kata); pendahuluan (berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian, yang semuanya dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan persentase 15-20% dari keseluruhan artikel); metode (berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan persentase 10-15% dari keseluruhan artikel); hasil dan pembahasan (hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian, sedangkan pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis, dengan persentase 40-60% dari keseluruhan artikel), Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Kemungkinan tindak lanjut kegiatan dapat juga disampaikan pada bagian ini; kesimpulan (berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan, yang disajikan dalam bentuk  paragraf), saran dapat disampaikan pada bagian ini;  daftar  pustaka  (memuat  sumber-sumber  yang  dirujuk  dan  semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka)
  5. Mohon memberikan No. HP untuk koresponden atau kontak person.
  6. Sumber  rujukan  sedapat  mungkin  berupa  pustaka  terbitan  mutakhir  dan  diutamakan rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian (skripsi, tesis, disertasi).
  7. Perujukan/pengutipan  menggunakan  teknik  rujukan  berkurung  dan  untuk  kutipan langsung disertai tahun, tempat asal kutipan dan halaman , misalnya: (Miller, 2011: 100)
  8. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dan kronologis dengan urutan seperti contoh berikut.

 

Rujukan Buku:

Noddings, N. 1993. Educating for Intelligent Belief or Unbelief. New York: Teacher College Press.

 Rujukan Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel

Margono. 2008. Manajemen Jurnal Ilmiah. Dalam M.G Waseso & A. Saukah (Eds.), Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm. 46-50). Malang: UMM Press.

 Rujukan Berupa Buku yang Ada Editornya

Rusli, Marah. 2005. Sosiologi Pendidikan: Kajian Berdasarkan Teori Integritas Mikro-Makro (Arnaldi. S Ed.) Malang: UMM Press.

 Rujukan dari Buku yang Berasal dari Perpustakaan Elektronik

Dealey, C. 1998. The Care of Wounds: A Guide for Nurses. Oxford: Blackwell Science. Dari NetLibrary, (Online), (http://netlibrary.com), diakses 26 Agustus 2012.

 Rujukan dari Artikel dalam Internet Berbasis Jurnal Tercetak   

Mappiare-AT, A., Ibrahim, A.S. & Sudjiono. 2009. Budaya Komunikasi Remaja-Pelajar di Tiga Kota Metropolitan Pantai Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 16 (1): 12-21, (http://www.umm.ac.id) diakses 28 Oktober 2009

 Rujukan dari Artikel dalam Jurnal dari CD-ROM

Krashen, S., Long, M. & Scarcella, R. 2007. Age, Rate and Evantual Attainment in Second Language Acquisition. TESOL Quarterly, 13: 543-567 (CD-ROM: TESOL Quarterly-Digital, 2007).

 Rujukan Artikel dalam Jurnal atau Majalah:

Wentzel, K. R. 1997. Student Motivation in Middle School: The Role of Perceived Pedagogical Caring. Journal of Educational Psychology, 89 (3), 411-419.

Buku Terjemahan:

Habermas , Jurgen. 2007. Teori Tindakan Komunikatif II: Kritik atas Rasio Fungsionaris. Terjemahan oleh Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

 Rujukan dari Dokumen Resmi Pemerintah yang diterbitkan oleh Lembaga tersebut

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UURI No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pelaksanaannya. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 

 Rujukan dari Koran tanpa penulis

Jawa Pos, 27  Mei 2015. “Komitmen Mendikbud Segarkan Pramuka”. Halaman 3.

 Rujukan dari Internet:

Winingsih, H. Lucia, dkk. 2007. Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing Pendidikan. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia PDII-LIPI, diakses 2 Desember 2014 on-line www. Pdii.lipi.go.id/katalog/index. php/search catalog /byld/257453.

 Rujukan Berupa Skripsi, Tesis, atau Disertasi.

Mulyana, Yoyo. 2000. Keefektifan Model Mengajar Respons Pembaca dalam Pengajaran Pengkajian Puisi. Disertasi tidak Diterbitkan. Bandung: Fakultas Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.

 Musaffak. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis dengan Menggunakan Metode Mind Mapping. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: PPs UM.

 8.  Segala sesuatu  yang  menyangkut  perizinan  pengutipan  atau  penggunaan  software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.

 

 

JUDUL DITULIS DENGAN

FONT TIMES NEW ROMAN 14 CETAK TEBAL

(MAKSIMUM 14 KATA)

 

Penulis11),  Penulis22)dst. [Font Times New Roman 12, tanpa gelar  dan

Tidak Boleh Disingkat]

1Nama Institusi (penulis 1, time new roman 11)

email: penulis _1@abc.ac.id (time new roman 11)

2Nama Institusi (penulis 1, time new roman 11)

email: penulis _2@abc.ac.id (time new roman 11)

 

ABSTRAK [Times New Roman 10, bahasa Indonesia]

Abstrak ditulis dalam bahasa indonesia berisikan tujuan penelitian, metode/pendekatan  penelitian dan hasil penelitian. Abstrak  ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 10, spasi tunggal).

 Kata kunci: 3-5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 10, spasi tunggal].

 

ABSTRACT [Times New Roman 10, bahasa Inggris]

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan tujuan penelitian, metode/pendekatan  penelitian dan hasil penelitian. Abstrak  ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 10, spasi tunggal).

Keywords:  3-5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 10, spasi tunggal]

 

PENDAHULUAN [Times New Roman 12 bold]

Pendahuluan (berisi latar belakang,konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian, yang semuanya dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan persentase 15-20% dari keseluruhan artikel) Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. [Times New Roman, 12, normal].

 

METODE

Metode menjelaskan paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan persentase 10-15% [Times New Roman, 12, normal].

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian, sedangkan pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis, dengan persentase 40-60% dari keseluruhan artikel); Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Kemungkinan tindak lanjut kegiatan dapat juga disampaikan pada bagian ini [Times New Roman, 12, normal].

 

Tabel 1. Nama Tabel (contoh table 1)

 

 

95%CI

Condition

M(SD)

LL

UL

Letters

14.5(28.6)

5.4

23.6

Digits

31.8(33.2)

21.2

42.4

 

SIMPULAN

Berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan, yang disajikan dalam bentuk  paragraf . Saran dapat disampaikan pada bagian ini [Times New Roman, 12, normal].

 

DAFTAR PUSTAKA

Penulisan pustaka hanya yang disitasi hanya dalam naskah ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Buku:

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences. New York: BasicBooks.

 Buku kumpulan artikel:

Wahyono, P dan Sugiarti (Eds.). 2013. Pencerahan Pendidikan Masa Depan. Malang: UMM Press

 Artikel dalam buku kumpulan artikel:

 Bezooijen, R. V. 2002. Aesthetic evaluation of Dutch: Comparison across dialects, accents and languages. Dalam  D. Long, & D. R. Preston (Eds.), Handbook of perceptual dialectology (Vol. 2, hlm. 13-30). Amsterdam and Philadelphia: Benjamins.

 Artikel dalam jurnal atau majalah:

Jaber, M., & Hussein, R. 2011.  Native speakers’ perception of non-native English speech. English Language Teaching, 4(4), 77-87.

 Dokumen resmi:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  4. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  5. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party