PENGARUH PELATIHAN COACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SUPERVISOR PT. X KALIMANTAN TIMUR

Dian Dwi Nur Rahmah Rahmah, Arief Fahmie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pelatihan coaching dengan kemampuan pemecahan masalah pada supervisor di PT.X Kalimantan Timur.Kemampuan Pemecahan masalah adalah kemampuan untuk mengenali dan merumuskan masalah, serta menemukan dan menerapkan pemecahan yang ampuh.Coaching adalah kunci pembuka potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pelatihan coaching terhadap kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 aspek yaitu mampu memahami masalah, mampu mencari dan menilai alternatif solusi, mampu melaksanakan solusi, mampu melaksanakan evaluasi terhadap solusi yang telah di laksanakan. Penelitian ini melibatkan 26 supervisor baru dengan masa kerja 1 – 3 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah skala stres kerja menurut Ellis dan Hunt (1993) yang berjumlah 25 butir. Validitas yang dihasilkan adalah 0,700 sedangkan uji reliabilitas menghasilkan koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,908. Analisis hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi p value (p = 0,506 > 0,05) pada pascates, maka hipotesis dinyatakan tidak diterima. Dengan demikian, tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelompok eksperimen dan kontrol. Walaupun demikian, saat pelaksanaan tindak lanjut nilai signifikansi p value menunjukkan (p = 0,030 > 0,05) yang menandakan bahwa ada perbedaan dari pascates ke tindaklanjut pada kelompok eksperimen.

Kata Kunci :Coaching, kemampuan Pemecahan Masalah, Pelatihan

 

This study aims to determine whether there is influence between coaching training with problem solving skills on PT.X supervisor in East Kalimantan. Problem solving ability is the ability to identify and formulate problems, and find and implement effective solutions. Coaching is the key to unlocking a person's potential to maximize performance. The hypothesis is there are not coaching training effect on the ability of problem solving consists of four aspects which is able to understand the problem, which is able to seek and assess alternative solutions, able to implement the solution, able to carry out an evaluation of the solutions that have been implemented. The study involved 26 new supervisors with tenure 1-3 years. Measuring instruments used are problem solving scale according to Ellis and Hunt (1993), which amounted to 25 points. Validity produced was 0,700 while the reliability test result reliability coefficient alpha of 0.908. Hypothesis analysis using independent sample t-test showed a significance value of p value (p = 0.506> 0.05) in the post-test, the hypothesis stated are not accepted. Thus, there is no difference in the ability of solving problems in experimental and control groups. However, when the implementation of the follow-up showed a significance value p value (p = 0.030> 0.05), which indicates that there are differences of post-test to follow up the experimental group.

Keywords: Coaching, Problem Solving Ability, Training


Keywords


Coaching, Problem Solving Ability, Training

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4561

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editorial Office

Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang Psychology Faculty

University of Muhammadiyah Malang. Phone (+62) 813 47113618 (+62) 341-460318, Fax. (+62) 341 460782.

Hompage: http://www.psikologi.umm.ac.id
Email: jurnalilmiahpsikologiterapan@gmail.com

 

JIPT by http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

eISSN : 2540-8291 | pISSN : 2301-8267

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Flag Counter