OPTIMASI DIAMETER JARINGAN PIPA DALAM SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH (PDAM) DI KEC. BULULAWANG KAB. MALANG MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING

Chairil Saleh

Abstract


Salah satu peran penting dari sistem penyediaan air bersih adalah jaringan perpipaan. Kinerja pelayanan sistem penyediaan air bersih tidak hanya ditentukan oleh besarnya kapasitas sumber, namun volume air tersebut juga harus sampai pada simpul-simpul layanan dengan aliran dan tinggi tekanan yang memadai sesuai kebutuhan. Disamping itu efektivitas sebuah jaringan pipa juga dapat diukur dari besarnya biaya investasi dan operasionalnya selama usia guna yang ditetapkan. Agar dicapai kondisi tekanan dan debit yang memadai, perlu dilakukan analisis diameter yang cermat. Linear programing merupakan satu teknik penyelesaian riset operasi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah optimasi. linear programming digunakan untuk meminimasi biaya akibat pemakaian diameter pipa. Pada penelitian ini diambil sampel data jaringan pipa distribusi air bersih di Kec.Bululawang Kab.Malang. Dengan metode linear programing didapat hasil optimasi diameter pada masing-masing pipa di Kec. Bululawang Kab. Malang dengan pemilihan diameter pipa utama antara 3 inch sampai 8 inch dan energi tekan atau energy relatif yang dihasilkan adalah 7 meter sampai 20 meter sesuai standart ijin yang ditetapkan.


Keywords


Diameter pipa, Energi tekan, Jaringan pipa, Linear Programming, Optimasi,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jmts.v15i1.4489

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/jmts.v15i1.4489.g4748

Copyright (c) 2017 Jurnal Media Teknik Sipil

MEDIA TEKNIK SIPIL Journal

MTS by http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmts/ is licensed under a Creative commons attribution - sharealike 4.0 International license.

ISSN: 1693-3095    e-ISSN: 2597-7660

E-mail : jurnal.mediatekniksipil.umm@gmail.com