Kemampuan Representasi Piktorial Operasi Hitung Pecahan pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wulida Arina Najwa


Abstract


Siswa sekolah dasar rata-rata berumur 7–12 tahun, berdasarkan teori Piaget termasuk dalam tahap operasional konkret. Siswa pada tahap tersebut lebih mudah memahami materi yang konkret, salah satunya menggunakan gambar. Mahasiswa calon guru sekolah dasar sudah seharusnya menguasai materi sekolah dasar berdasarkan tahap perkembangan siswanya. Salah satu materi sekolah dasar yang sering dianggap sulit adalah pecahan. Sehingga pembelajaran pecahan membutuhkan bantuan berupa gambar untuk memudahkan siswanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan representasi piktorial mahasiswa calon guru sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan representasi mahasiswa calon guru sekolah dasar sangat beragam. Tidak semua mampu merepresentasikan operasi hitung pecahan dengan tepat


Keywords


Representasi, pictorial, operasi hitung, pecahan

Full Text:

PDF

References


Badaruddin. 2016. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidian Matematika, 4(2), 43–56.

Bentley, B., & Bossé, M. J. 2018. College Students ’ Understanding of Fraction Operations. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 233–247.

Dewanti, S. S. 2018. Profil Berfikir Kritis Mahasiswa PGMI dalam Memecahkan Masalah Matematika Dasar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 11–22.

Garderen, D. Van, Scheuermann, A., Poch, A., & Murray, M. M. 2018. Visual Representation in Mathematics: Special Education Teachers’ Knowledge and Emphasis for Instruction. Teacher Education and Special Education, 41(1), 7–23. https://doi.org/10.1177/0888406416665448

Goldin, G. 2003. Representation in School Mathematics: A Unifying Research Perspective, (October).

Gradini, E. 2016. Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Dataran Tinggi Gayo, III(2), 52–60.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosdakarya.

Huinker, D. 2015. Representational Competence: A Renewed Focus for Classroom Practice in Mathematics. Winconsin Teacher of Mathematics, 1–8.

Jamil, A. F. 2018. Pembelajaran Berbasis Scaffolding Untuk Mengurangi Miskonsepsi Aljabar Mahasiswa. JP3, 8(2), 615–623.

NCTM. 2000. Six Principles for School Mathematics.

Nurlita, Zubainur, C. M., & Ahmad, A. 2016. Miskonsepsi Konsep Prasyarat Aljabar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 85–95.

Olufemi, O. T., & Adediran, A. A. 2018. Factors Affecting Students’ Academic Perfomance in College of Education in Southwest, Nigeria. British Journal of Education, 6(10), 43–56.

Palpialy, J. J., & Nurlaelah, E. 2016. Pengembangan Desain Didaktis Materi Pecahan pada Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Jurnal Matematika Integratif, 11(2), 127–136.

Park, J., & Nunes, T. 2001. The development of the concept of multiplication. Cognitive Development, 16, 763–773. https://doi.org/10.1016/S0885-2014(01)00058-2

Sidji, I. 2017. Penggunaan Gambar Luas Daerah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan SD Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 162–173.

Suarjana, I., Parmiti, D. P., & Elma, P. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.

Tyas, W. H., & Sujadi, I. 2016. Representasi Matematatis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 781–792.

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving : A case study with optimization problems Representations in problem solving : a case study with optimization problems, 7(1), 279–308.

Warsono. (2017). Guru : Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial. The Journal of Society&Media, 1(1), 1–10.

Yudianto, E. (2013). Profil pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural siswa dalam mengidentifikasi masalah pecahan. AdMAthEdu, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.12928/admathedu.v3i1.4830




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11020 | Abstract views : 74 | PDF views : 74 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats