Pengembangan Buku Ajar IPA SD melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Desi Eka Pratiwi


Abstract


Sebagian besar siswa tidak mampu menjawab soal pada buku disebabkan minimnya penguasaan konsep pada materi yang sedang mereka pelajari. Konsep yang belum matang ditambah dengan soal-soal latihan yang banyak menyebabkan nilai yang diperoleh siswa belum sesuai dengan standar minimal ketuntasan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar IPA SD melalui uji kelayakan isi, bahasa, dan kegrafikan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D (Four D Model) yang terdiri dari tahap (1) Define (Pendefinisi), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebarluasan). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, angket. Jumlah skor yang diperoleh pada uji kelayakan isi sebasar 176 presentase rata-rata sebesar 77,19 % dengan kategori baik, uji kelayakan bahasa sebasar 179 dengan presentase rata-rata sebesar 78,50 % dengan kategori baik, uji kelayakan kegrafikan sebasar 359 dengan presentase rata-rata sebesar 85,47 % dengan kategori baik, uji coba terbatas memeroleh presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi baik. Sedangkan pada uji coba luas memeroleh presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Kenaikan rata-rata dari uji coba terbatas dengan presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori baik, sedangkan pada uji coba luas dengan presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori sangat baik terjadi kenaikan sebesar 5,64 %.

Keywords


Pengembangan Buku Ajar, IPA SD, Pendekatan Konsep

Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Harjanto. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, M. (2007). Model dan Teknik Penilaian Pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231.

Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 9–16.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93–98.

SUGIANTO EFENDHI, E. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88.

Suwandayani, B. I., Akbar, S., & Hanurawan, F. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Kelas I di SD Negeri Kauman I Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1981–1986.

Utami, I. W. P., & Suwandayani, B. I. (2018). PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD MUHAMMADIYAH I MALANG. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 185–191.

Wibowo, D. A., Poerwanti, E., & Kuncahyono, K. (2019). PENGEMBANGAN BUKU ENTERDAL (ENSIKLOPEDIA TEMATIK SUMBER DAYA ALAM) TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 3(2), 89–98.

YOAN AGUSTINA, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11903 | Abstract views : 156 | PDF views : 156 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats