Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Menulis Siswa Sekolah Dasar

Mimin Ninawati, Nur Wahyuni


Abstract


Kemampuan literasi menulis siswa sekolah dasar sangat rendah, Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan menulis yaitu rendahnya motivasi menulis, kesulitan siswa dalam mengeluarkan ide-ide pokok, Perhatian siswa terhadap materi masih kurang, dan siswa kurang aktif di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif di dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar angket (ahli, praktisi, dan respon siswa), lembar observasi, dan Tes kemampuan literasi menulis siswa,. Teknik analisis data penelitian yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Uji Statistik data penelitian menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Bahan ajar berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat menumbuhkan nilai-nilai kebaikan di dalam diri siswa serta mampu meningkatkan kemampuan literasi menulis siswa sekolah dasar


Keywords


Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Kemampuan Literasi, Menulis

Full Text:

PDF

References


Bejo. 2016. Meningkatkan Mutu Dan Akses Pendidikan Di Daerah 3t Melalui Superdiskon Oleh Pengawas Sekolah. Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016.

D. C. & Mercer R. A. 1985. Teaching Students With Learning Problems. Columbus: Charles E Marill Book Company.

Dafit, F. 2017. Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal GERAM (Gerakan Aktif Menulis), Vol. 5 No. 1, Juni 2017.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Gina A. M., dkk. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri KETIB Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 02 No. 01 Tahun 2017.

Kurniati E. 2017. Pengembangan Cerita Anak dengan Pendekatan Ekolinguistik Sebagai Pengungkap Kearifan Lokal untuk Pelestarian Bahasa Jawa dan Lingkungan di SD. Sekolah Dasar Vol. 26 N0. 02 November 2017.

Khotimah H., dkk. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Model Cooperative Script dengan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas IV Sdn 2 Panjer Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia Vol. 04 No. 6 Tahun 2017.

Mardhatillah & Akmalia N. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming dengan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan Vol. 02 No. 02 Desember 2017.

McConachi, S.M. et al . 2010. Content Matters: A Disciplinary Literacy Approach to Improving Student Learning. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Mulyani M. 2011. Model Pembelajaran Menulis Berbasis Kearifan Lokal yang Berorientasi Pendidikan Karakter: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMPN 2 Kelas VII, Windusari, Magelang. Jurnal Pena Vol. 01 N0. 01 Desember 2011.

Nurrahmi, R. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewayogyakarta Tema Pendidikanuntuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.

Owon, R. A. S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 03 No. 01 Mei 2017.

Pranandari, I. W., Degeng, I Nyoman Sudana., & Hanurawan, F. 2016. Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (3).

Puspita, A. M. I. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10): 1880—1883

Puspita, A. M. I. 2018. Pengaruh Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (2), 47-52.

Puspita, A.M.I. & Purwo, S. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-Aulad, 2 (1): 1-7.

Puspita dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (2), 197-207.

Qodaroh. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 03 No. 02 Juli 2017.

Siagian B. A. 2017. Inovasi Pengembangan Metode Double Loop Problem Solving pada Kemampuan Menulis Teks Anekdot. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN Vol. 04 No. 01 Maret 2017.

Sumartini N. D. 2015. Meningkatkan Keterampilan Siswa Membuat Kalimat Sederhana dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Nasional UMP.

Sumayana, Y. 2017. Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol 4 (1) 2017, 21-28

Thresia, F. 2015. Integrating Local Culture To Promote Character Education In Teaching Writing. Premise Journal: (4) 2

Umami F. I., dkk. 2017. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Lumajang. Prosiding TEP & PDs: Transformasi Pendidikan Abad 21, tema 06 No. 14 Mei 2017




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12056 | Abstract views : 221 | PDF views : 221 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats