Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter

Murtyas Galuh Danawati, Belinda Dewi Regina, Innany Mukhlishina


Abstract


Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang mendukung siswa mengembangkan potensinya. Pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan pembaruan kurikulum. Kebijakan perubahan kur 2013 merupakan hasil dari kajian dan evaluasi berbagai tantangan. Kur 2013 diberlakukan bertahap mulai tahun ajaran 2013/2014 direvisi 2016 dan revisi 2017. Kur 2013 revisi 2017 dibekali berbagai kompetensi: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi, 4 dan HOTS. PPK.memiliki 5 nilai karakte, yang terdiri dari religious, nasionalis,.mandiri, gotong-royong,.integritas..Pelaksanaan PPK dilakukan dengan menanamkan nilai karakter salah satunya pada buku ajar yang diterbitkan pemerintah berupa buku siswa. Rumusan masalah diatas yaitu muatan nilai-nilai karakter yang muncul pada buku pegangan siswa kelas IV SD kur 2013.revisi.2017 berdasarkan PPK (dalam kegiatan wacana, kegiatan petunjuk kegiatan, kegiatan tagihan kerja dan kegiatan evaluasi). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai karakter yang muncul pada buku siswa kelas IV SD kur 2013 revisi 2017. Penelitian menggunakan pendekatan.kualitatif dengan jenis.penelitian deskriptif. Metode penelitian dengan metode analisis isi (content analysis). Nilai karakter yang muncul dalam buku siswa berdasarkan PPK yaitu wacana (ayo berdiskusi dsb), petunjuk kegiatan (ayo membaca dsb), tagihan kerja/latihan (ayo mencoba dsb), evaluasi (kerjasama dengan orangtua dsb). Pada. buku siswa kelas IV Tema 5 semua PPK dimunculkan yaitu religius 3 SN, nasionalis 4 SN, mandiri 4 SN, gotong royong 3 SN, dan integritas 2 SN


Keywords


Nilai karakter,.Buku siswa,.Kurikulum 2013, Pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Adi, Waluyo. (2010) Implementasi Pendidikan Karakter di LPTK dan Sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol XVII. No 01. Hal 57.

Andiarini, Arifin, dan Nurabadi. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manjemen Pendidikan (JAMP). Vol 1 No. 2. Hal 238-244.

Basuki, Wulandayani Ngujer, dkk. (2015). Analisis buku ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya .Vol 3. No 2. Hal 2.

Chabibah, Latifatul, Suharjo, dan Muchtar. 2016. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas VI Semester 2 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD. Malang: 25 September 2016. Hal. 321-328.

Effendi, Tadjuddin Noer. 2014. Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2 No.1. Hal: 1-18.

Janet. 2016. How To Improve Student Learning In Every Classroom Now. International Journal od Education Research. Vol 87. No 1. Hal 78-90

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Widyastono, Herry. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 13. No 066. Hal 327.

Warahmah dkk. (2017). Persepsi.Guru Terhadap..Materi Matematika Di Buku Guru.Dan.Buku Siswa Kelas IV, V, VI Pada..Kurikulum 2013 Di Gugus Delima..Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol2. No1. Hal 178




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369 | Abstract views : 227 | PDF views : 227 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats