Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar

Leny Suryaning Astutik, Beti Istanti Suwandayani, Ulva Listya Agustin


Abstract


Implementasi pembelajaran menggunakan media sudah seharusnya dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah. Media konkret seperti Puzzle merupakan saran pendukung dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai dan hasil belajar maksimal. Puzzle merupakan media konkret dimana media dapat diamati dan dirasakan langsung keberadaannya. Berdasarkan hasil observasi keadaan di SDN 1 Sukorejo 1 Blitar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Jawa khusunya materi aksara Jawa siswa masih kesulitan dalam membedakan bentuk aksara dan cara penulisannya. Penggunaan media mengenal dan membaca aksara Jawa sangat dibutuhkan oleh siswa supaya dapat berinteraksi langsung dengan media pembelajaran yang mengarah pada hasil belajar yang maksimal. Upaya ini diharapkan siswa dapat secara optimal menyerap materi Bahasa Jawa khususnya pada materi aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle terhadap hasil belajar aksara Jawa siswa kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sukorejo 1 Blitar yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada peneltiian ini adalah menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan SPSS 21 for Windows. Hasil data menujukkan rata-rata pretest sebesar 52.7 dan posttest sebesar 83.2. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test memperoleh thitung 26.339 sedangkan ttabel dengan dk= 30-1 = 29 dan taraf signifikan (


Keywords


Media Bahasa Jawa, Aksara Jawa, Puzzle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


ANJANI, R. D. (2019). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI MULTIMEDIA SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1–15.

Antika, Y., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian Op Amp Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika Di Smk Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(02), 493–497.

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2017). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1–7.

Astutik, L. S. (2019). Pengaruh Media Laron ( Gamelan Saron ) Dengan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Untuk Anak. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(April), 23–29.

Basuni, A. (n.d.). Efektivitas penggunaan media puzzle huruf hijaiyah dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi baca tulis alqur’an di SDN Periuk 1 Kota Tangerang.

Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2016). Peningkatan keaktifan dan kemampuan berhitung melalui media puzzle pada anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333.

Gagne, R. (1984). Learning outcomes and their effects. The American Psychologist, 39(4), 377–385.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di SMP Negeri 25 Batam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Harahap, F. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Pengukuran Kelas VII Semester I MTs N 2 Medan TP 2012/2013 [PhD Thesis]. UNIMED.

Harden, R. M. (2002). Learning outcomes and instructional objectives: Is there a difference? Medical Teacher, 24(2), 151–155. https://doi.org/10.1080/0142159022020687

Hendarwati, E. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi, 1(1).

Hendikawati, P. (2011). Analisis faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 27–35.

Husna, N., Sari, S. A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 66–71.

Ina, K., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioma, 6(2), 78–92.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98.

Kuncahyono, K. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR | kuncahyono | JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). http://202.52.52.22/index.php/jinop/article/view/7139/7441

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162.

Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop, 1(2).

Mappeasse, Muh. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1–6.

Marwanto, R., Seribulan, M. N. M., & Isfaeni, H. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (Puzzle vs Video) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa tentang Ekosistem di MAN 8 Jakarta. BIOSFER, 7(2), 41–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Murbarani, A. (2014). Pengembangan Media Puzzle Elektronik tentang Rangka Tubuh Manusia pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Jombatan V Jombang. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3).

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.

Nisa’Enha, H. (2015). Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Nurhasanah, N., Wurianto, A. B., & Arifin, B. (2016). Pengembangan media kijank (komik indonesia, jawa, dan aksara jawa) pembelajaran bahasa jawa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 267–273.

Permata, K. K., Rustono, W. S., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 66–72.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.

Sahara, L. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Limapuluh [PhD Thesis]. UNIMED.

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Susetyo, DP. B., Widiyatmadi, HM. E., & Sudiantara, Y. (2014). Self Concept Self Appreciation of Javanese People. Psikodimensia, 13(1), 47. https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.277

Wibawa, S. (2013). Mengukuhkan pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya daerah sebagai muatan lokal. Konferensi Internasional Budaya Daerah III, 1–13.

Winanti, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE RANTAI MAKANAN UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Wulandari, D. A., & Herawanto, B. (n.d.). Penerapan Media Puzzle Kata Untuk Keterampilan Berbicara Kelas X SMAN 2 Jombang.

Yuhana, U. L., & Kuswardayan, I. (2013). Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android. Jurnal Teknik ITS, 2(1), A94–A98.




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12413 | Abstract views : 367 | PDF views : 367 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats