SELF ESTEEM PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR UNTUK PENCEGAHAN KASUS BULLYING

Dian Fitri Nur Aini

Abstract


Usia sekolah dasar merupakan fase perkembangan awal untuk memasuki
dunia pendidikan formal. Pada fase usia tersebut anak mengalami transformasi dari
mengenal beberapa individu dan lingkungan menuju lingkungan yang memiliki
anggota yang lebih kompleks yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah memiliki
beberapa permasalahan yang umumnya terjadi. Bullying adalah salah satu
permasalahan yang terjadi pada anak di lingkungan sekolah. Dampak yang
ditimbulkan dari bullying dapat mempengaruhi seluruh aspek dalam diri anak baik
fisik maupun psikologis. Kasus bullying dapat ditangani dengan menggunakan
beberapa metode yang disesuaikan dengan konten permasalahannya. Optimalisasi self
esteem merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mencegah kasus
bullying pada anak usia sekolah dasar.
Self esteem needs merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan dalam
kehidupan anak. Kebutuhan penghargaan diri yang baik terhadap diri anak dapat
meningkatkan kepercayaan dirinya. Dukungan dan keterlibatan lingkungan keluarga
dan sekolah sangat dibutuhkan untuk mencapai kebutuhan self esteem. Koordinasi
yang baik dari lingkungan keluarga dan sekolah untuk mendukung peningkatan self
esteem dapat menciptakan anak dengan konsep diri yang baik sehingga dapat
mengatasi berbagai masalah bullying yang berasal dari lingkungannya


Keywords


Self esteem, anak usia Sekolah Dasar, bullying

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol6.no1.36-46

Copyright (c) 2018 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.