PENGEMBANGAN MEDIA PERDASAWA (PERMAINAN DAKON AKSARA JAWA) MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yeni Dwi Wulandari, Endang Poerwanti, Nafi Isbadrianingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media PERDASAWA yang
memiliki tingkat kevalidan sebagai kriteria media untuk membantu siswa membaca
aksara Jawa pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D
(Research and Development) dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media dapat
membantu siswa dalam belajar membaca aksara Jawa. Hal ini dibuktikan oleh hasil
validasi beberapa ahli antara lain, validasi ahli media sebesar 100%, validasi ahli
materi sebesar 95.71%, dan validasi ahli pembelajaran bahasa Jawa Sekolah Dasar
sebesar 93.07%. Sementara hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa
88.75% pembelajaran bahasa Jawa menggunakan media KANCIL mendapat respon
positif dari siswa dan layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil uji coba kelompok
besar menunjukkan bahwa 94.37% pembelajaran bahasa Jawa menggunakan media
mendapat respon positif dari siswa dan sangat layak dan efektif digunakan sebagai
media pembelajaran. Media KANCIL ini perlu perbaikan dalam segi ukuran font
dan spasi penulisan aksara Jawa yang benar


Keywords


Pengembangan, Media PERDASAWA, Membaca, Aksara Jawa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol6.no1.75-87

Copyright (c) 2018 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.