PENERAPAN METODE JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI SUMBER KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016

Suroso -


Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sumber Kecamatan Karangan
Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa ditemukan kasus bahwa terdapat masalah di
dalam pembelajaran yang diterapkan yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah
saja dan tidak pernah menggunakan metode-metode pembelajaran lainnya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan dan menggunakan desain Kemmis dan Mc
Taggart. Berdasarkan data hasil tes siklus 1 didapatkan rata-rata nilai kelas sebesar 57,89
% hasil tes siklus 2 diperoleh rata-rata nilai kelas 89,47 %. Hasil rata-rata nilai kelas pada
siklus 1 dan siklus 2 diketahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan
menerapkan metode jigsaw meningkat sebesar 31,58 %.


Keywords


Metode Jigsaw, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7533 | Abstract views : 142 | PDF views : 142 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats