Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Contextual Teaching Learning di Sekolah Dasar

Rini Setyo Wardani, Ratna Nur Kumalasari


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika anak kelas I sekolah dasar dalam memahami konsep membandingkan dua bilangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I melalui penerapan model contextual teaching and learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I C yang berjumlah 28 orang. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi selama pembelajaran. Perkembangan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, baik dari segi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,77% dari 76,47% menjadi 88,24% dan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 17,31% dari 67% menjadi 84,31%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 17,86% dari 75% menjadi 92,86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika Tema 5 Subtema 3

Keywords


Hasil belajar matematika, Contextual Teaching And Learning

Full Text:

PDF

References


Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumawardani, Dyah Retno, dkk. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Leksair, Markus Alexander. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke-6.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuryanto, Yusuf. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN Wlingi 02 Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sa'ud, U. S. (2010). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Susanti, E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 151–174.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (CTL) di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.7970 | Abstract views : 166 | PDF views : 166 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats