MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI STRATEGI MANAJEMEN INTERVENSI

Azamul Fadhly Noor Muhammad


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi manajemen
intervensi terhadap perilaku buruk siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan melalui
kajian literatur berdasarkan dokumen. Hasil kajian menunjukkan bahwa optimalisasi
manajemen kelas memfungsikan seluruh komponen, meliputi sekolah dan orangtua sebagai
komunitas moral yang berbagi tanggung jawab dan peran untuk mencegah dan mengatasi
perilaku buruk siswa yang diwujudkan berupa kedisiplinan siswa pada proses
pembelajaran. Optimalisasi kolaborasi orangtua dapat menciptakan komunikasi yang
terapdu dengan pendidikan di sekolah untuk menghindari kontinuitas perilaku. Kesiapan
seorang guru dalam penguasaan manajemen intervensi menjadi hal penting sebagai bentuk
dukungan guru terhadap penindakan perilaku siswa dengan tepat sasaran dan
menumbuhkan sikap disiplin siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Integrasi nilai
dalam kurikulum sekolah diperlukan sebagai upaya penanggulangan perilaku buruk agar
siswa memiliki pribadi yang berkarakter baik


Keywords


Manajemen Intervensi Kelas, Kedisiplinan Siswa

Full Text:

PDF

References


Agboola, A., & Tsai, K. (2012). Bring

Character Education Into

Classroom. European Journal of

Educational Research. Vol. 1, No.

, 163-170

Akbar, S., Samawi, A., Arafik, A., &

Hidayah, L. (2015). Pendidikan

Karakter: Best Practice. Malang:

Universitas Negeri Malang

Arends, R. (2013). Learning to Teach.

New York: Mc Graw-Hill

Companies, Inc

Jones, Ken. (2006). Professional ethics

and the teacher: towards a general

teaching council. New York:

Routledge

Corcoran, ed. (2014). Psychology in

Education: Critical TheoryPractice. Rotterdam: Sense

Publishers

Djamarah, S. (2010). Guru dan Anak

Didik Dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta

Dufour, B., & Curtis, W. (2011).

Studying Education: An

Introduction to The Key

Disciplines in Education Studies.

New York: Mc Graw-Hill

Companies, Inc

Flanagan, C., Cumsile, P., Gill, S., &

Gallay, L, (2007), “School and

Community Climates and Civic

Commitments: Pattern For Ethnic

Minority and Majority Student”,

Journal of Educational

Psychology, 99, 421-431

Gordon, A., & Browne, K. (2011).

Beginnings and Beyond:

Foundations in Early Childhood

Education. California:

Wandsworth Cengage Learning

Harmon, D., & Jones, T. (2005).

Elementary Education. California:

ABC-CLIO, Inc

Jacobsen, D., Eggen, P., Kauchak, D.

(2009). Methods For Teaching.

New Jersey: Pearson Education,

Inc

Jones, V., & Jones, L. (1986).

Comprehensive Classroom

Management (7th ed). Boston:

Allyn & Bacon

Moreno, R. (2010). Educational

Psychology. New Jersey: John

Wiley & Sons, Inc

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008).

Effective Teaching: Evidence and

Practice. London: Sage

Publications

Munandar, U. (2012). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat.

Jakarta: Rineka Cipta

Nucci, L., & Narvaez, D. (2014).

Handbook of Moral and

Character Education. New York:

Routledge

Santrock, J. (2011). Educational

Psychology. New York: Mc

Graw-Hill Companies, Inc

Semke, C., & Sheridan, S. (2012).

Family-School Connection in

Rural Educational Settings: A

Systematic Review of thr

Empirical Literature. School

Community Journal. Vol. 22, No.

, 21-48




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8632 | Abstract views : 692 | PDF views : 692 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats