PENGARUH MEDIA LARON (GAMELAN SARON) DENGAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MALANG

Leny Suryaning Suryaning


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan media LARON
(Gamelan Saron) dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan; (2)
mendiskripsikan tingkat kefektifan dan kevalidan dari media LARON (Gamelan Saron)
dengan lagu daerah terhadap hasil belajar anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini
termasuk kedalam penelitian pra-eksperimen pola One Shot Case Study. Penelitian
dilakukan di SLB Malang dengan sampel populasi skala kecil berjumlah 2 anak dan skala
besar berjumlah 4 anak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dan guru
terhadap meida LARON memiliki rerata prosentase keefektifan sebesar 90,3% yang berarti
sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak
tunagrahita ringan di SLB Malang mengalami peningkatan dengan penggunaan media
LARON (Gamelan Saron) dengan lagu daerah.


Keywords


Penelitian Pra-eksperimen, Media LARON (Gamelan Saron), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Achmad, Tsabit Azinar. (2016). Sejarah

Kontroversial di Indonesia:

Prespektif Pendidikan. Jakarta:

Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian : Suatu Pendekatan

Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT

Rineka Cipta

Handayani, I. K., & Sopandi, A. A.

(2013). Efektifitas Meronce Balok

Huruf Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Anak

Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu,

(3)

Oka, Putu Arya. (2017). Media dan

Multimedia Pembelajaran.

Yogyakarta: Deepublish

Solichah, Imroatus. (2014). Alat Peraga

untuk Pelajar Tunarungu. Jakarta:

Media Guru

Tim Pustaka Pusindo. (2008). Lagu

Daerah. Jakarta: Media Pusindo

Bratana, S.A. (1997). Pendidikan Anak

Terbelakang Mental. Jakarta:

Depdikbud

Shobur, Alex. (2003). Psikologi Umum.

Bandung: Pustaka Setia

Heward, W.L. (2009). Excepcional

Children An Introduction To

Special Education. New Jersey:

The Lancet

Arief, dkk. (2009). Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan, Dan

Pemanfaatannya. Jakarta:

Rajawali Press

Arsyad, Azhar. (2003). Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Mumpuniarti. (2017). Sejarah Lembaga

Pendidikan Khusus Tunagrahita

Di Jawa. Jurnal Cakrawala

Pendidikan. Yogyakarta: FIP

UNY

Nurhayati, (2015). Psikologi Perempuan

Dalam Berbagai Perspektif.

Yogykarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8634 | Abstract views : 185 | PDF views : 185 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats