PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE SAS PADA SISWA KELAS II-B SEKOLAH DASAR

Muhammad Iqbal Maulana, Trisakti Handayani, Winanjar Rahayu


Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemamuan menulis tegak bersambung
melalui metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada siswa kelas II-B SDN Tlogomas II
Kota Malang. Metode SAS dipilih karena sejalan dengan prinsip linguistik. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas II-B SDN Tlogomas II Kota Malang tahun ajaran 2018/2019
dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun
penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini
menunjukkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis tegak
bersambung. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas dari pre-test, yaitu
64,97, meningkat menjadi 72,34 pada siklus I pertemuan pertama, dan dari siklus II
pertemuan pertama, yaitu 70,71, meningkat menjadi 76,95. Prosentase kelulusan kelas
mengalami peningkatan dari pre test yaitu 18,18%, meningkat menjadi 59,09% pada siklus
I pertemuan pertama, dari siklus I pertemuan kedua, yaitu 41,67%, meningkat menjadi
52,17% pada siklus II pertemuan pertama, dari siklus II pertemuan pertama, yaitu 52,17%,
meningkat menjadi 85% pada siklus II pertemuan kedua.


Keywords


Keterampian Menulis Tegak Bersambung, SAS, Metode SAS

Full Text:

PDF

References


Agustina, Ine. (2017). Penerapan Metode

Sas untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis Huruf

Tegak Bersambung Kelas I SD

skripsi tidak diterbitkan.

Bandung: FIP UPI

Hartati, dkk. (2006). Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia Di Kelas

Rendah, Bandung: UPI PRES

Kristiantari, Rini. (2004). Pembelajaran

Menulis di Sekolah Dasar.

Surabaya: Media Ilmu

Miles & Huberman. (1992). Analisis

Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit

Universitas Indonesia

Mulyati, dkk. (2015). Keterampilan

Berbahasa Indonesia SD.

Tangerang Selatan: Universitas

terbuka – Kementrian Riset,

Teknolog, dan Pendidikan Tinggi

Hopkins, David. (2008). Panduan Guru

Penelitian Tindakan Kelas.

Terjemahan Achmad Fawaid.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pranoto, Naning. (2004). Creative

Writing: 72 Jurus Seni

Mengarang. Jakarta: PT. Primadia

Pustaka.

Solchan, dkk. (2008). Pendidikan Bahasa

Indonesia di SD. Jakarta:

Universitas Terbuka

Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa

Indonesia Apersepsi Sastra di

Sekolah Dasar. Jakarta: PT.

Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8637 | Abstract views : 577 | PDF views : 577 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats