PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV-A SEKOLAH DASAR

Lutfia Vilian Utama, Nur Widodo, Elok Catur Wilujeng


Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi keliling
dan luas bangun datar melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Mc. Taggart. Subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A SDN Ngaglik 01 Kota Batu sebanyak 29
peserta didik. Data dari penelitian ini adalah data dokumenter, data hasil observasi aktivitas
peserta didik dan aktivitas guru serta data hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar
peserta didik dengan prosentase di siklus 1 sebesar 65,5% dan pada siklus 2 meningkat
menjadi 82,7% dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 17,2%. Peningkatan terjadi pula pada
aktivitas peserta didik dan aktivitas guru. Aktivitas peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2
menigkat 20,9%, sedangkan aktivitas guru meningkat 17,5%.


Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Keliling dan Luas Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara

Harmony, J. and T. (2012). Pengaruh

Kemampuan Spasial terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VII SMP Negeri 9 Kota

Jambi. Edumatica, 02(01)

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik

Dan Konstektual Dalam

Pembelajaran Abad 21. Bogor:

Ghalia Indonesia

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran

Discovery Strategy dan Skill.

Jogjakarta: DIVA Press

Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian

Tindakan Kelas. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Nurcholis. (2013). Implementasi Metode

Penemuan Terbimbing untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa pada Penarikan Kesimpulan

Logika Matematika.

JurnalElektronik Pendidikan

Matematika Tadulako, 1(1)

Supriyanto, B. (2014). Penerapan

Discovery Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran

Matematika Pokok Bahasan

Keliling dan Luas Lingkaran di

SDN Tanggul Wetan 02

Kecamatan Tanggul Kabupaten

Jember. Pancaran, 3(2), 165–167

Trianto. (2012). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta: Kencana Predana Media

Group




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8638 | Abstract views : 291 | PDF views : 291 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats