KETERAMPILAN MENULIS IKHTISAR BUKU DALAM KAITANNYA DENGAN PENGUASAAN PIRANTI KOHESI KOHERENSI

Agus Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penguasaan
piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan studi korelasional. Populasi penelitian ini meliputi 8 SMA di Surakarta. Sampel terdiri atas 170 siswa di Kota Surakarta yang diambil dari tiga sekolah, yaitu: SMAN 1, SMAN 5, dan SMAN 7 Surakarta. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis ikhtisar buku menggunakan teknik tes dengan praktik menulis ikhtisar buku; dan (2) pengumpulan data penguasaan piranti kohesi koherensi menggunakan teknik tes objektif. Variabel tes menulis ikhtisar buku divalidasi dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas ratingatau interater reliability; validitas tes penguasaan piranti kohesi
menggunakan rumus koefisien korelasi point biserialdan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: deskripsi data, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, dan prosedur analisis pembuktian hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku dengan hasil uji signifikansi sebesar 4,17, hasil korelasi sebesar 0,31, dan hasil kontribusi sebesar
9,38%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik penguasaan piranti kohesi koherensi siswa maka semakin baik pula keterampilan menulis ikhtisar buku.

Keywords


keterampilan menulis ikhtisar buku, penguasaan piranti kohesi koherensi

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., Dardjowidjojo, Lapoliwa, & Moeliono, A. M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ferdosipour, A. (2015). The Effectiveness of Cohesion of Science Text by Means of the Paragraph on Attitude. Procedia–Social and Behavioral Sciences Journal, 19, 523–528.

Halliday, M. A. K. dan R. H. (1976). Cohesion in English. London: Longman.

Hamid, H. L. (1991). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Keraf, G. (2001). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2008). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis, Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom, & Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rohmadi, M. dan Yakub, Nasucha. (2010). Paragraf Pengembangan dan Implementasi. Yogyakarta: Media Perkasa.

Rusminto, N. E (2015). Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4724

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4724.g4859

Copyright (c) 2017

Alamat Kantor Penerbit

KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos: 65144
Kampus 3, Gedung Kuliah Bersama 1 (GKB 1), Lantai 5
Telp. +62341-464318 ext 122 // HP. +6285649955997 -- +6281334715580
email: kembara803@gmail.com

 


KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2015-2017 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). All rights reserved. P-ISSN 2442-7632|E-ISSN 2442-9287