PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA INTERAKTIF BAGI MAHASISWA

Ribut Wahyu Eriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan berbicara interaktif
bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Recursive, Reflective Design and Development (R2D2) menurut Willis yang dipadukan dengan model Research and Development (R and D) menurut Brog and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi bahan ajar keterampilan berbicara yang dibutuhkan dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni materi yang bersifat konsep teoritis sebagai bekal pemahaman konsep dasar keterampilan berbicara dan materi yang bersifat keterampilan yang dikategorikan
berdasarkan pada konteks situasi komunikasi mulai dari bahan pembelajaran keterampilan berbicara pada situasi informal, interpretatif, formal, dan dramatik.

Keywords


bahan ajar, berbicara, mahasiswa, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


APROBSI. (2016). Capaian Pembelajaran dan Standar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Gall, M.D; Gall, J.P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introductioan. Seven Edition.Boston: Pearson Education Inc.

Ghazali, A. S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Littlewood, W. (1984). Foreign and Second Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Mulyasa. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musaba. (2012). Terampil Berbicara, Teori dan Pedoman Penerapanannya. Makasar: Rosdakarya.

Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Willis, J. (1995). A Recursive, Reflective Instructional Design Model Based on Constructivist-Interpretativist Theory: Educational Technology. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4733

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4733.g4868

Copyright (c) 2017