EXPERIENTIAL LEARNINGDALAM KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA FITK IAIN SURAKARTA

Elen Inderasari

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode experiental learningdalam apresiasi puisi, serta kemampuan apresiasi puisi mahasiswa di Tadris Bahasa Indonesia (TBI) IAIN FITK Surakarta. Metode experiental learningadalah metode belajar mengajar yang memungkinkan peserta didik untuk membangun pengetahuan dan keterampilan, nilai, dan sikap melalui pengalaman langsung. Oleh karena itu, metode ini akan bermakna saat mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan. Setelah itu, mereka dapat melihat aktivitas kritisnya, kemudian mereka mendapatkan pemahaman dan transfer dalam bentuk lisan atau tulisan sesuai dengan tujuan belajar. Dalam hal ini, metode experiential learning menggunakan pengalaman sebagai katalisator untuk membantu mahasiswa mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan pengujian. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 E (Experiencing, Enquiring, dan Examining). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode experiental learning mampu menerapkan pengalaman mahasiswa sebagai
dasar untuk mengapresiasi puisi, serta tingkat apresiasi puisi yang dilakukan mahasiswa lebih baik, melalui pengalaman mereka dapat menerapkan metode experiential learning.

Keywords


apresiasi puisi, metode pembelajaran eksperiensial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuz Media.

Darmawan, T. (1999). Apresiasi Puisi, Konsep Dasar, Pendekatan dan Prosesnya. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Djojosuroto, K. (2006a). Analisa Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka.

Djojosuroto, K. (2006b). Pengajaran Puisi, Analisis, dan Pemahaman. Bandung: Nuansa.

Jihad, Asep & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Nurhadi. (2005). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susilo, H. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4745

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4745.g4890

Copyright (c) 2017

Alamat Kantor Penerbit

KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos: 65144
Kampus 3, Gedung Kuliah Bersama 1 (GKB 1), Lantai 5
Telp. +62341-464318 ext 122 // HP. +6285649955997 -- +6281334715580
email: kembara803@gmail.com

 


KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2015-2017 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). All rights reserved. P-ISSN 2442-7632|E-ISSN 2442-9287