PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM BENTUK DIALOG UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMAN 2 MALANG

Erfan Mokhamad Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam bentuk dialog untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 2 Malang pada mata pelajaran bahasa Mandarin, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI LMT bahasa Mandarin semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dalam bentuk dialog. Selain itu, siswa juga berpendapat bahwa metode bermain peran dalam bentuk dialog ini perlu diterapkan pada pembelajaran bahasa Mandarin, khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam bentuk dialog terbukti dapat digunakan sebagai salah satu metode yang efektif dan menyenangkan untuk pembelajaran berbicara bahasa Mandarin.

Keywords


bermain peran, dialog, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Anas, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Muhammad Anas.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Malik, J. (2005). Pemberdayaan Pesantren Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan.Jakarta: Pustaka Pesantren.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, dkk. (2005). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.

Zuhaerini. (1983). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Depag.




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4746

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4746.g4891

Copyright (c) 2017