PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TIMNAS UNTUK MENULIS PUISI SISWA SMP KELAS VIII

Farida Yufarlina Rosita


Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Pengembangan model tersebut memperhatikan aspek kualitas, pelaksanaan, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carey. Tahapan yang digunakan meliputi 1) analisis situasi awal, 2) pengembangan rancangan produk, 3) membuat produk, 4) uji kelayakan, 5) revisi produk dan 6) produk akhir. Hasil validasi oleh ahli, guru, dan pengguna (siswa)  secara keseluruhan memperoleh rata-rata 92,38%. Hal ini menunjukkan model pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Hasil tersebut juga didukung rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji T-test independent sample memperoleh nilai 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Berdasarkan hasil validasi dan uji T-test independent sample bahwa model pembelajaran TIMNAS layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, TIMNAS, menulis puisi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5481 | Abstract views : 196 | PDF views : 196 |

Copyright (c) 2018 Farida Yufarlina Rosita

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.