KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA GAMBAR BERTEMA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Vita Nur Aliyah, Evi Chamalah, Meilan Arsanti


Abstract


Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis poster denganmodel pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus setelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat siklus yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Berdasarkan hasil tes peningkatan keterampilan menulis poster diketahui dari hasil tes Prasiklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 56 dengan kategori kurang. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai sebesar 67,37 dengan kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 11,43%. Pada prasiklus ke siklus I. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai sebesar 74,62 dengan kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 7,25% dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus III mencapai sebesar 79,12 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 4,5% dari siklus II ke siklus III. Perubahan perilaku siswa juga terlihat setelah siswa mengikuti pembelajaran. Sikap dan motivasi siswa dalam berperilaku positif tersebut dapat dibuktikan pada hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes dan nontes nilai siswa semakin meningkat dan siswa lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran menulis poster yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Keraf, Goys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusmaryono, Imam., Dyana Wijayanti, dan Evi Chamalah. 2016. Pembelajaran Mikro. Semarang: Unissula Press.

Sudariyanti. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu Media Lingkungan untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak”. Jurnal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 1. (Diunduh 20 Janurari 2017).

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yuniarti. 2016. “Improving The Skill and The Interest of Writing Advertisements and Posters Through ESA Sequence”. Jurnal Smart. Vol. 2. No. 1. (Diunduh 20 Januari 2017).




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5484 | Abstract views : 482 | PDF views : 482 |

Copyright (c) 2018 Vita Nur Aliyaha, Evi Chamalahb, dan Meilan Arsantic

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.