NILAI PERILAKU YANG BENAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS KELAS X SMA

Jelita Farni Napitupulu, Endry Boeriswati, Asti Purbarini


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai perilaku yang benar yang merupakan salah satu fokus nilai humanistik yang ditinjau dari monolog, dialog, dan latihan dalam buku teks pelajaran bahasa Inggris SMA kelas X penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Data dikumpulkan melalui tahapan pembacaan buku teks secara seksama, mengidentifikasi, pengkodean, dan pengklasifikasian. Prosedur analisis data yang digunakan adalah analisis isi oleh Philip Marying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks latihan adalah nilai kemampuan beretika dengan indikator pola aturan. (2) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks dialog adalah nilai kemampuan sosial dengan indikator hubungan baik. (3) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks monolog adalah nilai dalam kemampuan beretika dengan indikator ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan nilai perilaku yang benar dengan kemampuan beretika pola aturan, ketekunan dan kemandirian belajar, serta kemampuan bersosial dengan indikator hubungan baik yang terdapat dalam teks monolog, teks latihan, dan teks dialog buku teks bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. San Francisco: San Francisco State University Press.

Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98.

Idris, S., & Tabrani, Z. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96-113.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Maemun, A. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Budi Pekerti Berbasis Nilai-Nilai Humanistik. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 34-45.

Manurung, R. T. (2012). Pendidikan Antikorupsi sebagai Satuan Pembelajaran Berkarakter dan Humanistik. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 227-239.

Mayring, P. (2007). On Generalization in Qualitatively Oriented Research. Paper presented at the Forum Qualitative Sozialforschung/Forum: Qualitative Social Research.

Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Naagarazan, R. (2007). A Textbook on Professional Ethics and Human Values. New Delhi: New Age International.

Nugraha, A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Humanistik untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII. JPP, 1(1), 1-9.

Setiyadi, D. (2016). Kurikulum Humanistik dan Pendidikan Karakter: Sebuah Gagasan Pengembangan Kurikulum Masa Depan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(1), 26-39.

Solikhah, I. (2014). Buku Teks Bahasa Inggris Akademik Berbasis Kompetensi untuk Mahasiswa Jurusan Non-Bahasa Inggris (Penelitian dan Pengembangan di Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah dan DIY). UNS (Sebelas Maret University).

Suyadi. (2014). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Utami, E., & Hartati, S. (2007). Pendekatan Metode Rule Based dalam Mengalihbahasakan Teks Bahasa Inggris ke Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Informatika, 8(1), 42-53.




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7551 | Abstract views : 100 | PDF views : 100 |

Copyright (c) 2019 Jelita Farni Napitupulu, Endry Boeriswaty, Asti Purbarini

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.