PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEBAHASAAN DALAM MENULIS TEKS CERPEN SEJARAH DI MAN 7 JOMBANG

Rani Jayanti, Yesy Diah Rosita


Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kompetensi kebahasaan dalam menulis teks cerpen sejarah siswa. Alasan utama peneliti mengadakan riset untuk mencari tahu tentang hal yang mempengaruhi meningkatnya kebahasaan setiap siswa terutama dalam menyusun teks cerpen sejarah yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian yaitu hasil uji coba pre-test dan post-test peserta didik MAN 7 Jombang mengalami perbedaan, dari nilai pre-test pada tabel 1 lebih rendah dengan rata-rata 79. Sedangkan, hasil dari nilai post-test lebih tinggi dengan rata-rata 84,13. Jadi, ada ketidaksamaan yang penting dalam penggunan pengembangan bahan ajar berupa modul. Bahan ajar modul dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa secara efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.9023 | Abstract views : 122 | PDF views : 122 |

Copyright (c) 2019 Rani Jayanti, Yesy Diah Rosita

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.