ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN DOKTER KELUARGA PADA MASYARAKAT DAERAH ALIRAN SUNGA BRANTAS DI KOTA MALANG BERDASARKAN SWOT ANALISIS

Febri Endra Budi Setyawan


Abstract


Pendahuluan: Kesehatan keluarga menjadi tujuan untuk mencapai kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Kenaikan biaya kesehatan terjadi akibat penerapan teknologi canggih, karakter supply induced demand dalam pelayanan kesehatan, pembayaran langsung ke pemberi pelayanan, penyakit kronik dan degeneratif serta inflasi. Pelayanan kedokteran keluarga merupakan pelayanan kesehatan yang terpadu, berkesinambungan, manusiawi serta personal. Wilayah tempat tinggal di daerah aliran sungai merupakan suatu wilayah yang memiliki risiko tinggi terjadinya penyakit khususnya penyakit menular.
Metode: Rancangan penelitian berupa penelitian observasional deskriptif dengan desain studi cross sectional. Sampel 140 kepala keluarga yang dipilih secara cluster simple random sampling. Data disajukan dalam bentuk distribusi frekuensi serta dilakukan analisis SWOT.
Hasil: Tingkat pendidikan rendah pada 77% masyarakat, 62% berpenghasilan lebih dari Rp. 2.000.000, 72% berobat di puskesmas, 96% setuju untuk membiayai pelayanan kesehatan praupaya dan 82% menyanggupi membayar biaya praupaya sebesar Rp. 10.000.
Diskusi: Tingkat pendidikan akan mempengaruhi pola fikir dan tindakan seseorang, semakin terbuka pikiran seseorang untuk menerima inovasi dan gagasan. Tingkat pendapatan dipengaruhi faktor sosial budaya dan faktor pendidikan dapat ditingkatkan dengan upaya pemberdayaan. Pelayanan kesehatan merupakan setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan. Penerapan dokter keluarga harus dibenahi dari segi kulitas sumberdaya manusia dan ketersediaan dana partisipasi masyarakat.
Kesimpulan: Untuk dapat menerapkan pelayanan kesehatan dengan pendekatan dokter keluarga di RW 5 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan Klojen harus meningkatkan kualitas sumberdaya masyarakat serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Kata kunci : Dokter Keluarga, Daerah Aliran Sungai, Analisis SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sm.v13i2.5555 | Abstract views : 122 | PDF views : 57

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                           

Saintika Medika, p-ISSN: 0216-759X . e-ISSN:2614-476X, Saintika Medika : Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga.


Editorial Office :

Faculty of Medicine University of Muhammadiyah Malang

jl. Bendungan Sutami No. 188a Malang

mail : saintika_medika@umm.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats