PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN PRODUKSI PENGARAJIN TOPENG MALANGAN DAN SOUVENIR DI DESA JABUNG KABUPATEN MALANG

Wahyu Hidayat Riyanto, Yunan Syaifullah, Risky Angga Pramuja


Abstract


Kesuliatan yang dihadapi di desa jabung adalah kurangnya penghijauan akses menuju tempat pengrajin topeng sehingga kampung topeng terlihat gersang. Kemudian masih rendahnya pengetahuan pengelolaan sampah/limbah dan manajemen lingkungan produksi yang terkesan berantakan serta bagaimana membuang sisa cat atau tinta lukis topeng dan masih rendahnya kesadaran pengrajin kebersihan dan kesehatan yang menyebabkan para pengrajin tidak menggunakan masker dan sarung tangan ketika membuat topeng dan souvenir lainnya. Penyelesaian masalah yang terjadi pada pengrajin topeng yaitu dengan cara memberi penyuluhan kebersihan lingkungan agar muncul kesadaran para pengrajin akan pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu membantu pengrajin dalam hal mengatur serta menata lingkungan produksi pengrajin topeng. Hasil dari pengabdian ini yaitu adanya peningkatan kualitas kebersihan lingkungan produksi. Kebersihan lingkungan produksi berdampak pada kenyamanan pengrajin topeng dalam menghasilkan karya sehingga para pengrajin lebih giat dalam berkarya dan memberi nilai tambah ekonomi.

 


Keywords


Kampung Topeng; Desa Jabung; penghijauan; manajemen produksi

Full Text:

PDF

References


Fauzi. (2010). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Desa, P. D. T. D. T. (2015). Indeks desa membangun. Jakarta.

Oktafiani, Y. (2016). Hubungan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Dengan Produktivitas Studi Kasus : Bagian Pengolahan Pt . Perkebunan Nusantara XIII, 4(1), 172–183.

Simungan, M. (2005). Produktivitas: Apa dan Bagaimana? (2nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Askara.

Widyawati, E. (2014). Valuasi Ekonomi Cultural Heritage Dengan Menggunakan Travel cost, Contingent Valuation Method Dan Income Aproach. UGM.




DOI: https://doi.org/10.22219/skie.v3i2.9645

DOI (PDF): https://doi.org/10.22219/skie.v3i2.9645.g7001 | Abstract views : 9 | PDF views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.