Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang

Authors

  • Lailatul Iffah Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5836

Keywords:

Customer’s perception, Service Quality, Mandiri Syariah Bank.

Abstract

This study aims to determine the perceptions of customers on the level of service quality of Syariah Mandiri Bank Malang branch based on five dimensions of service quality. This research used quantitative method with research subjects on BSM savings customers who used mudharabah muthlaqah contract of Syariah Mandiri Bank Malang branch. The data used in this study is the primary data through questionnaires. Questionnaires were distributed to customers as much as 53 questionnaires and sampling techniques using Purposive Sampling method. The result of the research showed that customer perception of Syariah Mandiri Bank Malang branch is very satisfied under the perception of emphaty dimension as dimension which dominates customer’s perception toward service quality of the Bank.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lailatul Iffah, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Ekonomi Syariah,

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

References

Akmalia Ikfi. 2012. April. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 2. No 01.

Astuti Tri. 2013. Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Yogyakarta.

Alghifari. 2010. Mengukur Kualitas Layanan. Yogyakarta: Kurnia Kalam

Semesta.

Aristiana Ita Melina. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Nasabah Dan Tingkat Laba Pada PD. BPR-BKK. Jepara. Alghifari. 2015. Mengukur Kualitas Layanan. STIE YKPN. Yogyakarta.

Arifin Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan dengan Microsoft Excel 2007.

Jakarta: PT Gramedia.

Azwar Saifuddin.1999. Metode Penelitian. Cet 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar

(Anggota IKAPI).

Bisnis & Birokrasi. 2008. Sept-Des. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.

Vol. 15. No. 3.

Dian Ariani. 2007. Persepsi Masyarakat Umum Terhadap Bank Syariah di

Medan. Medan: USU.

E. Bahruddin & Asep Saepul Hamidi. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif

Aplikasi Dalam Pendidikan. Ed 1. Cet 1. Yogyakarta : Deepublish. Fandy, Tjiptono. 2008. Service Mangement Mewujudkan Layanan Prima.

Yogyakarta : Andi Offset.

Hidayat Rachmad. 2009. Maret. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11.

No. 1.

Hamdi, Asep Saepul. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan.

Yogyakarta: CV Budi Utama. 2014

Jurnal Manajemen Pemasaran. 2006. April. Vol. 1. No. 1. Jurnal Humanity. 2012. Juli. Vol. 7, Nomor. 2.

Jurnal Manajemen Perhotelan. 2008. Maret. Vol. 4. No. 1. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2012. Desember. Vol 11. NO. 2. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 2014. Oktober. Vol. 15 No. 1.

Jurnal Humanity. ISSN: 0216-8995. Volume 7, Nomor 2. Juli 2012: 83-97. Karnaen

Perwataamadja, M. Syafi’i Antonio. 1997. Apa dan Bagaimana Bank

Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf.

Laurens Marcella Joyce. 2004. Februari. Arsitektur dan Perilaku Manusia. Cet 1.

Jakarta: PT Grasindo.

Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad. Lembaga-lembaga Keuangan Kontemporer. 2000. Yogyakarta: UII Press.

Mar’at. 1984. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Ghalia Indonesia. M. Nur Rianto Al Arif. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung:

Alfabeta.

Muljono Puji, H. Djaali. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: UNJ Press.

Malahayati. Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah. Yogyakarta: Jogja Great

Publisher.2010.

M. Sulaiman, A. Zakaria. Jejak Bisnis Rasul. Penerjemah Gita Romadhona.

Jakarta: Hikmah. 2010.

Nugroho Nasik. 2008. Trasnformasi Diri (Memberdayakan diri melalui

Hipnoterapi). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu

Keperawatan. Ed 2. Jakarta: Salemba Medika.

Oktivinanto Oski. 2012. Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga Diukur Dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Salatiga: UIN.

Philip Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Diterjemahkan Heru Jati Purwoko Wasana dari Marketing Management Analysis, Planing, Implementation and Control. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel – variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sustainability Report. 2013. PT Bank Syariah Mandiri.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Cet 1. Jakarta: Buku Kedokteran

ECG.

Solihah Siti Ati Almar’atus. 2011. Analisis Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Peningkatan Dana Pihak Ketiga Dan Pembiayaan yang Diberikan. Jakarta.

Sarwono Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karangan Ilmiah. Yogyakarta: CV Andi.

TAPIS Vol. Xlll. 2013. Jan – Jun. No. 01.

Timothy A. Judge, Stephen P.Robbins. 2008. Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Penerjemah Diana Angelica, et al., Jakarta : Salemba Empat. Buku 1. Ed 12.

Umar Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Vertizal Riva’i. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Ed. 1. Cet 1.

Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wolok Tineke. 2014. Nani Supardi. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada PT Bank Sinar Mas. Gorontalo. https://www.syariahmandiri.co.id/category/info-perusahaan/visi-dan-misi.

Diakses pada tanggal 8 Januari 2017. Pukul 19.54.

Downloads

Published

2018-05-24

How to Cite

Iffah, L. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79–96. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5836

Issue

Section

Journal Article