Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan
DOI:
https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515Keywords:
Promosi, Halal Food, Label HalalAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penanganan tentang promosi makalan halal di Kota Teipei. Pembahasan tentang makanan halal merupakan bagian penting dari pembahasan kesehatan. Kehalalan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia menjadi salah satu perintah syari’at yang wajib diikuti oleh setiap manusia sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an. Guna menjacapai tujuan penelitian, digunakan metode kualitatif-deskriptif dengan analisis model Spradley, yaitu: setelah menentukan standart makanan dan minuman halal, kemudian dilanjutkan menginventarisir tempat makan halal di Kota Teipei dan melihat konsep makanan halal di lokasi dan kemudian menggali informasi promosi makalan halal di Kota Teipei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data beragam, meliputi: metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Halal food merupakan nilai dan norma yang terdapat dalam Hukum Islam terutama yang sangat erat hubungannya dengan perlindungan konsumen, Labelisasi halal sendiri di Kota Taipei Taiwan di keluarkan oleh Taiwan Halal Integrity Development Association (THIDA), Taipei Grand Mosque, CMA dan perorangan muslim. Oleh karena itulah maka diperlukan kajian pemasaran makanan halal di Kota Taipei Taiwan yang implikasinya tidak hanya memudahkan warga Muslim mendapatkan konsumsi halal, namun juga peluang untuk membuka usaha makanan halal yang baru. Sehingga, tujuan dan fokus penelitian ini adalah untuk melihat potensi dan konsep makanan halal serta model promosinya di Kota Taipei Taiwan.Downloads
References
Al-Ghozali, minhajul abidin, terj.Nasrullah Jakarta: Shahih, 2016.
Asnawi, Nur dan Muhammad Asnan Fanani, Pemasaran Syariah, Teori, Filosofi, dan Isu-isu kontemporer Depok: Rajawali Pers, 2017.
Atmadi, Gayatri, Sri Riris Wahyu Widati, Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, Vol. 2, No. 2, September 2013, Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia.
Ali, Muchtar, Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal, Jurnal Ahkam Vol. XVI, No 2, Juli 2016.
Asri, Marwan, Marketing, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 1991.
Budi, Agung Permana, Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta: Andi, 2013.
ITCP, Osaka, Market Brief: Halal Product, 2013.
Khallaf, Abdul Wahhab, Ilmu Ushul Fiqh. Cet.1, Semarang: Dina Utama, 1994.
Marjuni, Kamaluddin Nurdin, Kamus Syawarifiyyah: Kamus Modern Sinonim Arab-Indonesia. Jakarta: Ciputat Press Group, 2007.
Oesman, Yevis. Sukses Mengelola Marketing Mix CRM Customer Value dan Customer Dependency (Kasus Pada Pemasaran Shopping Center). Bandung: Alfabeda. 2010.
Proyek Perguruan Tinggi Agama /IAIN di Pusat Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Ilmu Fiqih. Jakarta: tp, 1982.
Qardhawi, Yusuf, Halal Haram Dalam Islam. Solo: Era Intermedia, 2003.
Ranupandojo, Heindjrachman, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 1990.
Shihab, M. Quraish, Wawasan alquran. Bandung: Mizan, 2000
Winata, Tiench Tirta, Makanan dalam Perspektif al-Quran dan Ilmu Gizi Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2006.
Yunus, Muhammad, Kamus Arab Indonesia, Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Quran. Jakarta: tp, 1973
https://english.ey.gov.tw/cp.aspx?n=D79AEEED26A1B0FE diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT
http://jakarta.Kota Taipei Kota Taipei Taiwantrade.com.tw/ diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT
https://www.roc-Kota Taipei Taiwan.org/ diakses pada 20 Mei 2018 pada pukul 12.00 WT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.