Profil Pemberdayaan Perempuan pada Industri Kecil Ledre Pisang Raja (Studi Kasus di Kec. Padangan Kab. Bojonegoro)

Authors

  • Sri Budi Cantika Yuli

DOI:

https://doi.org/10.22219/jpa.v1i1.2743

Abstract

Profil Pemberdayaan Perempuan pada Industri Kecil Ledre Pisang Raja (Studi Kasus di Kec. Padangan Kab. Bojonegoro)Sri Budi Cantika Yuli 1Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, Jln. Raya Tlogomas no. 246, Malang 65144; *Email : cantika@umm.ac.idAbstract :

Program pengolahan industri kecil Ledre Pisang Raja memang bisa meningkatkan pendapatan, tetapi sayangnya kegiatan tersebut dilakukan di rumah atau di lingkup domestik, dan orientasi usahanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga maka program pengolahan Ledre Pisang Raja tersebut sasarannya adalah para ibu rumah tangga. Ini berarti dalam program pengolahan Ledre Pisang Raja terdapat gejala bias gender. Karena di sini perempuan yang akhirnya harus mengolah, sehingga beban kerja perempuan menjadi ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai penambah penghasilan keluarga. 

Keywords :industri ledre pisang raja, pemberdayaan perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Cantika Yuli, S. B. (2022). Profil Pemberdayaan Perempuan pada Industri Kecil Ledre Pisang Raja (Studi Kasus di Kec. Padangan Kab. Bojonegoro). Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.22219/jpa.v1i1.2743

Issue

Section

Articles