PENINGKATAN LITERASI UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316Abstract
Keterampilan literasi menjadi pilar penting untuk masa depan pendidikan. Untuk itu membangun budaya literasi digital perlu melibatkan peran aktif masyarakat secara bersama-sama khususnya di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi guru dan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan atau training. Pelatihan literasi ditujukan kepada perwakilan guru dan siswa-siswi SDN 2 Bandungrejosari Malang yang terdiri dari guru dan murid kelas 5 dan 6. Pelatihan yang diberikan terkait dengan pengelolaan Ensiklopedia Anak dilakukan untuk melatih keterampilan dan kecakapan pengguna, baik secara teknik maupun praktis. Dari hasil pengumpulan dan analisa data melalui kuesioner, diketahui bahwa aplikasi ensiklopedia anak dapat membantu fleksibilitas dan efisiensi kegiatan sehari-hari khususnya untuk guru dan siswa SD terutama untuk kegiatan yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pelatihan literasi yang melibatkan guru dan siswa di sekolah dasar telah terbukti bahwa ada pengaruh positif terhadap kesadaran literasi di lingkungan sekolah. Sehingga kedepan kegiatan serupa dapat ditularkan ke sekolah-sekolah yang lain dengan harapan dapat memperluas realisasi program Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah melalui Kemendikbud.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-04-25
How to Cite
Hayatin, N. (2019). PENINGKATAN LITERASI UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA ANAK. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Perempuan dan Anak (JPA) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Perempuan dan Anak (JPA), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License