PENINGKATAN LITERASI UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA ANAK

Authors

  • Nur Hayatin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316

Abstract

Keterampilan literasi menjadi pilar penting untuk masa depan pendidikan. Untuk itu membangun budaya literasi digital perlu melibatkan peran aktif masyarakat secara bersama-sama khususnya di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi guru dan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan atau training. Pelatihan literasi ditujukan kepada perwakilan guru dan siswa-siswi SDN 2 Bandungrejosari Malang yang terdiri dari guru dan murid kelas 5 dan 6. Pelatihan yang diberikan terkait dengan pengelolaan Ensiklopedia Anak dilakukan untuk melatih keterampilan dan kecakapan pengguna, baik secara teknik maupun praktis. Dari hasil pengumpulan dan analisa data melalui kuesioner, diketahui bahwa aplikasi ensiklopedia anak dapat membantu fleksibilitas dan efisiensi kegiatan sehari-hari khususnya untuk guru dan siswa SD terutama untuk kegiatan yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pelatihan literasi yang melibatkan guru dan siswa di sekolah dasar telah terbukti bahwa ada pengaruh positif terhadap kesadaran literasi di lingkungan sekolah. Sehingga kedepan kegiatan serupa dapat ditularkan ke sekolah-sekolah yang lain dengan harapan dapat memperluas realisasi program Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah melalui Kemendikbud.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Hayatin, N. (2019). PENINGKATAN LITERASI UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA ANAK. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316

Issue

Section

Articles