PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ANGGARAN KEUANGAN DAN ASET SD MUHAMMADIYAH 08 DAN SMP 06 DAU

Authors

  • Setu Setyawan Universitas Muhammadiyah Malang, Tlogomas, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ahmad Juanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11186

Abstract

The community outreach that will be carried out to strengthen the Management of Financial and Asset Management Budget of SD Muhammadiyah 08 and SMP 06 Dau which are accountable for the charity business of the Malang Regional Muhammadiyah Persyarikatan in the field of education. level of performance in certain periods. So far, SD Muhammadyah 08 and SMP Muhammadiyah 06 Dau have not been maximized in reporting financial management, especially reporting fixed assets that are managed. The purpose of this program is to explore the potential sources of potential funds and then prepare a budget that is able to measure the level of performance in certain periods. While the assistance is carried out to create an accountable financial management system using the principles of Good Governance (good financial governance). The method used in the service program using the RAD (Rapid Application Development) method. The results of the training on Management of Financial and Asset Budget Management were very satisfying. This was shown by the results of the pre-test of 12 participants 4 people with a value of 25. 3 participants with a value of 50, 3 participants with a value of 60 and the remaining 2 participants received a value of 70. After being given the concept of the budget and performance-based training is then performed post-test the average value of participants in 80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifiyanto, D. F., & Kurrohman, T. (2014). Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa di

Kabupaten Jember. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(3), 473-485.

Coryanata, I. (2016). Akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik

sebagai pemoderasi hubungan pengetahuan dewan tentang anggaran dan

pengawasan keuangan daerah. Journal of Accounting and Investment, 12(2), 110-125.

Friska, I. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Akuntabilitas

Kinerja dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating (Studi pada

Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja,

(1).

Halidayati, I. (2014). Pengaruh Pengawasan Internal, Pengawasan Eksternal Dan

Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah

(Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Payakumbuh). Jurnal

Akuntansi, 2(2).

Halim, A. (2015). Pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit dengan

anggaran waktu audit dan komitmen profesional sebagai variabel moderasi. Universitas

Brawijaya.

Hanifah, S. I., & Praptoyo, S. (2015). Akuntabilitas dan Transparansi Pertanggungjawaban

Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(8),

-15.

Hifni, S., Sayudi, A., & Hayat, A. (2019). Peran akuntansi keberlanjutan: Akuntabilitas dalam

ekologi, sosio, dan ekonomik. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional

Lingkungan Lahan Basah.

Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Al-Afkar, 6(1).

Makalalag, A. J., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Akuntabilitas pengelolaan dana

desa di kecamatan Kotamobagu Selatan kota Kotamobagu. Jurnal Riset Akuntansi

Dan Auditing" Goodwill", 8(1).

Muhaimin, M. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana

Pengembangan Sekolah/Madrasah): Prenada Media.

Nanda, R., & Darwanis, D. (2016). Analisis Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja pada

Pemerintah Daerah (Studi Deskriptif pada Dinas Dpkkd Kabupaten Aceh Selatan).

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 327-340.

Pratiwi, N. B., & Hanafi, R. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Standar

Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha

Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(1), 79-98.

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. KELOLA: Journal of

Islamic Education Management, 1(1), 73-77.

Saragih, J. (2012). Reformasi Aparatur Negara untuk Melaksanakan Tata Kelola

Pemerintahan yang Baik dan Benar (Good Governance). Jurnal Ilmiah Widya.

Shafratunnisa, F. (2016). Penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam

pengelolaan keuangan kepada stakeholders di sd islam binakheir.

Utama, D. A., & Setiyani, R. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan

Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dinamika

Pendidikan, 9(2).

Verasvera, F. A. (2016). Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Kinerja Aparatur

Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat). Jurnal

Manajemen Maranatha, 15(2).

Yuliani, N. L., & Susanto, B. (2016). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah dan

Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Publik.

Downloads

Published

2020-02-07

How to Cite

Setyawan, S., & Juanda, A. (2020). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ANGGARAN KEUANGAN DAN ASET SD MUHAMMADIYAH 08 DAN SMP 06 DAU. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 18–31. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11186